Pranoto dan Zulkarnain. (foto. rahman jasin)

Zulkarnain dan Pranoto Siap Ikut Lelang Jabatan Sekda RL

REJANG LEBONG –  Zulkarnain, MT (Ass.II Setdakab)  dan Pranoto Majid, SH, MH (Ass.I Setdakab) juga mengaku siap mengikuti lelang jabatan Sekdakab Rejang Lebong kendati jadwal lelang jabatan Sekda itu belum ditetapkan bupati.

‘’Jabatan itu hak prerogatif bupati. Tapi, jika memang akan dibuka lelang jabatan Sekda maka sebagai PNS yang memenuhi syarat formal, saya akan ikut mekanisme lelang jabatan itu,’’ kata Ass.I Setdakab Rejang Lebong, Ir.Zulkarnain, MT kepada potretbengkulu.com.

Hal senada juga dilontarkan Ass.I Setdakab Rejang Lebong, Pranoto Majid, SH, MH.’’Sebenarnya, masa jabatan Sekda itu tidak berbatas. Dan kini Pak Sekdanya masih ada.  Namun, bupati bisa mengevaluasinya setelah 5 tahun. Jadi, apakah Pak Bupati akan memperpanjang jabatan Pak Denni sebagai Sekda atau akan dilakukan lelang jabatan lagi itu sepenuhnya menjadi kewenangan Bupati. Sebab selama ini kinerja Pak Denni selaku Sekda baik. Tapi jika memang lelang jabatannya dibuka, tentu saya akan ikut,’’ tutur Pranoto.

Diakui Pranoto, peran dan tugas pokok Sekda itu ada 3. Yakni, menjabarkan kebijakan misi visi bupati, koordinator penggerak OPD. Serta pelayanan administrasi publik internal.

‘’Selama ini, kira para Asisten I, II dan III sudah membantu melaksanakan tugas dan fungsi Sekda. Jadi, bagi kami, tugas-tugas Sekda itu sudah tidak asing lagi,’’ ujar Pranoto.

Seperti diketahui sebelumnya muncul 4 nama kandidat. Mereka adalah,  RA Deni, SH, MM (Sekda kini), Ir.Afnisardi, (Ass.III Setdakab) dan Zulkarnain, MT, (Ass.II Setdakab). Serta Pranoto M, SH, MH yang kini menjabat Ass.I Setdakab Rejang Lebong. Serta Kepala Bappeda, Asli Samin, M.Kep.

‘’ Karena lelang jabatan Sekda ini merupakan program Pak Bupati, maka, saya akan ikut. Soalnya, saya telah memenuhi persyaratan formal pendaftarannya,’’ ungkap Asli Samin kepada potretbengkulu.com.

Diakui Asli Samin, di jajaran Pemkab Rejang Lebong banyak pejabat yang memenuhi persyaratan formal pendaftaran lelang jabatan Sekda. ‘’Sebab pembantu  Bupati, tentunya, kita perlu mendukung dan merespon program Bupati. Termasuk merespon lelang jabatan Sekda. Dengan banyaknya pejabat yang mendaftar, maka, penyeleksiannya akan semakin bagus. Sebab, banyak pilihan. Soal siapa yang akan terpilih itu merupakan kewenangan Bupati dengan merujuk beberapa pertimbangan tentunya,’’ papar Asli Samin.

Secara umum, kelima kandidat Sekda ini bukan hanya  memenuhi syarat formal. Tapi juga memiliki pengamanan manajerial yang nyaris setara. Karena, keempat kandidat merupakan pejabat senior yang telah berkali kali menduduki kursi jabatan eselon II.

‘’Masa jabatan Sekda ini memang 5 tahun. Dan saya sudah 5 tahun menjabat.  Sebagai ASN siap mengemban tugas yang diamanahkan Bupati. Jika pak Bupati ingin memperpanjang jabatan saya maka saya siap melaksanakan tugas dan kepercayaan yang diberikan bupati. Tapi, jika harus dilakukan seleksi ulang melalui lelang jabatan maka, sayapun siap untuk mengikuti prosedur dan mekanismenya,’’ ungkap Sekdakab Rejang Lebong, RA, Denni, kepada potretbengkulu.com.

Hal senada disampaikan Ass.III Setdakab Rejang Lebong, Ir.Afnisardi. ‘’Sebagai ASN saya tetap loyal kepada Bupati dan siap menjalankan tugas dan perintah Bupati. Jika memang dibuka lelang jabatan Sekda saya akan ikut. Soalnya, saya juga sudah punya pengalaman birokasi yang cukup. Karena saya menjabat beberapa kepala dinas. Seperti Dinas Pertanian, Dinas PU, Dinas BPMPTSP. Kini menjabat Ass.III Setda. Jika dinilai cakap dan memenuhi syarat, maka, saya siap menjalankan amanah yang diberikan Bupati,’’ demikian Afnisardi. (rjs)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*