H. Husni Thamrin

Kata Husni Thamrin
”Kendala Lebel Halal dan Izin BPOM Produk Tak Diterima Ritel Modern”

KEPAHIANG– Aneka produk andalan dan unggulan Kepahiang masih belum bisa diterima ritel modern  seperti Indomaret dan Alfamart. Padahal, produk olahan masyarakat Kepahiang tergolong beragam. Mulai dari kopi bubuk jenis robusta, arabika dan luwak. Serta gula merah atau gula aren dan aneka produk makanan ringan.

‘’Produk kita belum bisa diterima Indomaret dan Alfamart. Soalnya, produk kita masih belum memiliki lebel halal dari MUI. Serta  izin MD dari BPOM. Karena, produk kita masih berstatus produk usaha rumah tangga. Namun, produk kita rata-rata memiliki izin produksi rumah tangga (IPRT) dari Dinkes,’’  jelas Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kepahiang, H. Husni Thamrin kepada potretbengkulu.com, Kamis, (7/1).

Selain ditolak masuk ritel modern, produk Kepahiang juga belum bisa dipasarkan melalui lapak-lapak online. Sehingga,  pemasaran produk lokal masih dilakukan secara manual.

‘’Rencananya, kita akan mengundang pihak MUI dan BPOM untuk berdiskusi dengan produsen produk lokal. Seperti kopi bubuk, gula aren dan makanan ringan di Kepahiang. Dalam diskusi ini para pengusaha kita bisa mendapatkan masukan terkait penerbitan sertifikat halam MUI dan izin MD dari BPOM,’’ tutur Husni Thamrin.

Sebenarnya, lanjut Husni Thamrin, pasar produk potensial itu adalah lapak online.  Karena, transaksi penjualan dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan tunai.

‘’Ketimbang produk kita masuk Indomaret dan Alfamart, saya lebih setuju produk kita dijual melalui lapak online. Karena, transaksinya bisa berjalan cepat, mudah dan tunai. Kalau di pasarkan melalui Indomaret atau Alfamart, produk dititipkan dulu dan pembayaran produk terjual dilakukan berjangka. Jadi, penjualannya menggunakan sistem konsinyasi. Hanya saja, produk yang dipasarkan Indomaret dan Alfamart dapat menyebar. Karena, kedua ritel modern itu ada dimana-mana. Bahkan menyebar di seluruh tanah air,’’ demikian Husni Thamrin. (rjs)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*