Kajari Kepahiang, Ridwan, SH (foto. rahman jasin)

Sidik Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Kantor Camat Jaksa Periksa 20 Saksi

KEPAHIANG – Tim Pidsus Kejari Kepahiang terus berusaha menuntaskan penyidikan dugaan korupsi dibalik pengadaan lahan Kantor Camat Tebat Karai tahun 2015 senilai Rp 1,1 miliar.

‘’Penyidikan terus kita lakukan. Hingga kini sudah 20 saksi yang dimintai keterangan terkait pengadaan lahan Kantor Camat Tebat Karai itu. Para saksi itu diantaranya adalah pemilik lahan sebelumnya atau pihak penjual lahan itu,  Ahmad Rizal. Serta pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan pengadaan lahan itu,’’ jelas Kajari Kepahiang Ridwan, SH melalui Kasi Pidsus, Riki Musrizah, SH, MH dan Kasi Intelijen, Arya Marsepa, SH, SH kepada potretbengkulu.com, Kamis, (10/9).

Dikatakan, pengadaan lahan seluar 8.850 M2 itu dilaksanakan Pemkab Kepahiang tahun 2015 dengan dana Rp 1,1 miliar. Namun, proses pengadaan lahan itu diduga ada penyimpangan.

‘’Atas dasar dugaan itu, tim Kejari berusaha melakukan upaya penyelidikan dan penyidikan,’’ tutur Riki.

Namun, penyidikan yang dilakukan tim Pidsus sempat mengalami hambatan. Soalnya, salah satu pihak yang akan dimintai keterangan berada di Jakarta. Yakni, saksi ahli dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

‘’Saat ini, Jakarta sedang menerapkan PSBB dalam masa pandemic Covid-19. Sehingga, kita tidak bisa menemui saksi dan saksi juga tidak diperkenankan meninggalkan Jakarta. Sehingga, penyidikan yang dilakukan tidak bisa secepat penyidikan dugaan korupsi dana desa (DD) Desa Daspetah I.

Namun, tutur Riki, Kejari juga masih melakukan koordinasi dengan tim auditor kejaksaan terkait penghitungan nilai kerugian negaranya.

‘’Kejaksaan juga memiliki tim auditor yang dapat menghitung nilai kerugian negaranya. Jika proses penghitungannya dinilai tidak rumit, maka, kita siap meminta bantuan tim auditor yang ada di Kejati Bengkulu. Sehingga penyidikan yang dilakukan dapat berjalan lebih cepat,’’  jelas Arya Marsepa. (rjs)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*