HM Saleh meletakan batu pertama pembangunan balai pertemuan keserasian sosial dan setia kawan di Desa Rimbo Recap, Curup Selatan, Rabu, (12/8)

Di Rimbo Recap
HM Saleh Hibah dan Letakan Batu Pertama Balai Pertemuan Keserasian Sosial

REJANG LEBONG– Anggota DPD-RI, HM Saleh, SE menghibahkan lahan sekaligus meletakan batu pertama pembangunan Balai Pertemuan Keserasian Sosial dan Setia Kawan Desa Rimbo Recap, Curup Selatan. Prosesi peletakan batu pertama di komplek Kampung Inggris milik HM Saleh itu dilaksanakan, Rabu, (12/8).

Peletakan batu pertama gedung Balai Pertemuan yang dibiayai dana bantuan Kemensos-RI senilai Rp 100 juta itu dihadiri Camat Curup Selatan, Rezza Phahlevi, 2 anggota DPRD Rejang Lebong, Hidayatullah dan Wahono. Serta Kadis Sosial Rejang Lebong, Zulfan Effendi dan Kades Rimbo Recap, Ruhiyat.

HM Saleh menyerahkan surat hibah tanah untuk pembangunan gedung Balai Pertemuan Keserasian Sosial dan Setia Kawan Desa Rimbo Recap, Curup Selatan, Rabu, (12/8).

Selain itu, HM Saleh juga menyerahkan surat hibah tanah itu kepada Ketua Forum Keserasian Sosial dan Setia Kawan Desa Rimbo Recap, Eliyawati.

Sebelumnya, HM Saleh bersama  camat 2 wakil rakyat dan Kadis Sosial lebih dulu melakukan dialog tematik yang diikuti 35 tokoh dan pemuka masyarakat Rimbo Recap.

HM Saleh saat menyampaikan arahan.

‘’Kita berterimakasih kepada Kemensos RI yang telah menghibahkan dana pembangunan balai pertemuan dan pembangunan tugu keserasian social senilai Rp 150 juta. Dana itu digunakan untuk membangun balai pertemuan Rp 100 juta dan sisanya untuk membangun tugu keserasian social dan kegiatan lainnya,’’ jelas Ketua Forum Keserasian Sosial dan Setia Kawan Rimbo Recap, Eliyawati kepada potretbengkulu.com.

Sedangkan Kades Rimbo Recap, Ruhiyat mengucapkan terimakasih kepada Kemensos RI yang telah mengucurkan bantuan senilai Rp 150 juta. Serta terimakasih kepada HM Saleh yang telah mengibahkan lahan untuk pembangunan Gedung Balai Pertemuan.

Warga desa yang mengikuti dialog temetik keserasian sosian sosial dan setia kawan.

‘’Diharapkan gedung balai pertemuan ini dapat menyatukan kerukunan dan keserasian social dikalangan masyarakat Desa Rimbo Recap. Gedung ini akan dijadikan gedung serbaguna. Jadi beragam kegiatan dapat dilaksanakan di gedung ini nantinya. Misalnya, pentas seni dan budaya. Saat ini, Desa Rimbo Recap ditetapkan sebagai desa wisata. Jalan usaha tani sepanjang 1700 meter yang dibangun di lahan persawahan desa ini sudah ramai dikunjungi warga. Khususnya di sore hari.

Sedangkan Camat Curup Selatan, Rezza Phahlevi dalam sambutannya menyebutkan bahwa  Forum Keserasian Sosial dan Setia Kawan ini diharapkan dapat menyatukan sekaligus meningkatkan kepeduli social di kalangan masyarakat.

Usai dialog tematik keserasian sosial dan setia kawan, pembicara dan perangkat desa foto bersama.

‘’Saat ini, kesetiakawanan social di kalangan masyarakat sudah mulai luntur akibat perkembangan teknologi global. Saya berharap, kita tidak lagi hidup secara individual. Tapi, bisa kembali rukun, saling tolong dan bergotong royong,’’ katanya.

Dalam dialog tematik yang dipandu Adi Maryanto selaku moderator itu, salah seorang warga Rahman Jasin menyoroti kondisi pembangunan sector social budaya.

‘’Pembangunan social budaya di daerah kita sepertinya belum mendapat perhatian serius. Padmahal, budaya merupakan bagian tak terpisahkan dari pengembangan kepariwisataan. Yakni, wisata budaya. Desa Rimbo Recap sudah mencanangkan diri sebagai desa wisata. Untuk itu desa dan kecamatan perlu membentuk sanggar seni yang dapat menggarap kearifan local yang mengangkat idiom dan akan budaya Rejang. Mulai dari seni tari tradisi seperti tari kejei. Serta kesenian daerah lain. Khususnya sunda dan jawa. Karena warga Rimbo Recap mayoritas merupakan suku sunda dan jawa. Sehingga, seni sunda seperti angklung, pencak silat, dan rampak gendang dapat digarap di sanggar yang terbentuk nanti. Begitu juga dengan sanggar seni di kecamatan,’’ kata Rahman.

Saran Rahman langsung ditanggapi hangat oleh Camat. ‘’Kita dari kecamatan siap membantu memfasilitasi pembentukan sanggar seni. Jadi, silahkan bentuk dan pengurusnya akan kita SK-kan. Kecamatan juga siap membantu pengadaan sarana pendukungnya. Silahkan ajukan proposalnya,’’ ujar Camat.(rjs)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*