Visco Putra Alexander, SIP, MSi. (foto. rahman jasin)

Hasil Vertual KPU
38 Persen KTP Dukungan SAHE TMS

REJANG LEBONG – Komisioner KPU Rejang Lebong, Visco Putra Alexander, SIP, MSi menjelaskan, hasil verifikasi factual (Vertual), 38 persen KTP dukungan Balon Bup-Wabup perseorangan, Syamsul – Hendra (SAHE) dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS.

‘’Dari 24.687 KTP dukungan yang kita  vertual di tingkat desa/kelurahan selama 29 Juni – 12 Juli 2020, hanya sekitar  62 persen yang memenuhi syarat (MS). Sisanya 38 persen dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS. Sehingga, KTP dukungan SAHE masih belum memenuhi syarat menimal. Namun, rekapitulasi dukungan tingkat kecamatan masih dilaksanakan, 13 – 19 Juli 2020. sedangka repitulasi tingkat kabupaten dilaksanakan, 20 – 21 Juli 2020,’’  ungkap Visco, kepada potretbengkulu.com, Senin, (13/7).

Dikatakan, syarat dukungan KTP minimal yang harus dipenuhi SAHE sebanyak 20.334 KTP. ‘’Karena syarat KTP dukungan  SAHE masih dibawah syarat minimal, maka, SAHE diberikan kesempatan untuk menyerahkan  perbaikan syarat dukungan,  25 – 27 Juli 2020. Jumlah tambahan KTP dukungan  yang harus diserahkan SAHE ke KPU harus 2 kali lipat dari total kekurangannya. Misalnya, total kekurangan KTP dukungan SAHE sebanyak 200 KTP. Maka, SAHE harus menyampaikan 400 KTP dan akan dilakukan tahapan vertual lagi di tingkat kelurahan/desa, 8 – 16 Agustus 2020,’’ ujar Visco.

Vertual khusus KTP dukungan perbaikan lanjut Visco, KPU tidak lagi melakukan sensus ‘’door to door’’. Tapi, para pemilik KTP dukungan akan dikumpulkan di satu lokasi untuk dilakukan vertual.

‘’Misalnya dalam pengumpulan di lokasi itu hanya 200 pemilik KTP yang hadir. Maka sisanya 200 pemilik KTP pendukung itu yang harus mendatangi PPS. Jika dalam tahap perbaikan KTP dukungan ini, SAHE belum juga memenuhi syarat minimal dukungan maka, SAHE akan ditetapkan tidak memenuhi syarat untuk menjadi kontestan dalam Pemilu Kada, 9 Desember 2020. Tapi, jika KTP dukungannya memenuhi syarat minimal, maka, SAHE ditetapkan sebagai Calon Bupati-Wabup yang memenuhi syarat,’’ demikian Visco Putra Alexander. (rjs)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*