Komisi III DPRD Batanghari, Jambi melakukan kunker ke DPRD Rejang Lebong, Kamis, 11Juni 2020. (foto. rahman jasin)

Awasi Dana Covid Rp 44 Miliar
Komisi III DPRD Batanghari Belajar ke Rejang Lebong

REJANG LEBONG – Komisi III DPRD Batanghari, Jambi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Rejang Lebong, Kamis, (11/6).

‘’DPRD Batanghari tidak membentuk Pansus Covid. Tapi, pengawasannya dilakukan Komisi III. Untuk mencari perbandingan pola pengawasan pelaksanaan dana Covid itu, kita sengaja melakukan kunjungan ke DPRD Rejang Lebong untuk mengetahui system pengawasan pelaksanaan pengelolaan dana Covid,’’ kata Ketua Komisi III DPRD Batanghari, Azizah, SE kepada potretbengkulu.com.

Dikatakan, dana Covid-19 yang merupakan dana refocusing APBD 2020 yang dikelola Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batanghari sebesar 44 miliar.

Tim Pansus Covid-19 DPRD Merangin, Jambi melakukan Kunker ke DPRD Rejang Lebong, Rabu, 10 Juni 2020. (foto.rahman jasin)

‘’Dana Covid itu tidak digunakan untuk kegiatan fisik. Sehingga, dana itu lebih difokuskan untuk kepentingan masyarakat terdampak Covid,’’ tutur Azizah seraya menyebutkan Kabupaten Batanghari hanya memiliki 8 kecamatan.

Azizah juga menjelaskan, pelaksanaan pengelolaan dana refocusing di Batanghari tergolong tertib dan lancar. ‘’Sampai saat ini pengelolaan dana refocusing di Batanghari belum bermasalah,’’ demikian Azizah.

Sebelumnya  Pansus Covid DPRD Merangin, Jambi juga melakukan langkah serupa. Rombongan Pansus Covid ini diterima tim Pansus Covid DPRD Rejang Lebong, Rabu, (10/6).

‘’Tim Pansus DPRD Merangin ini dipimpin Saprion dengan 16 anggota mencari refrensi pengawasan dana refocusing. Makanya, kita mencoba untuk berbagi langkah yang dilakukan dalam mengawasi pengelolaan dana Covid. Dana refocusing di Meringin sebesar Rp 77 miliar. Pansus Merangin kesulitan dalam melakukan pengawasan. Karena, OPD menolak untuk menghadiri rapat Pansus yang berusaha mengawasi pelaksanaan pengelolaan dana refocusingnya. Sementara di Rejang Lebong, seluruh OPD bersedia memberikan penjelasan terkait pengelolaan dana refocusing,’’ ujar Waka II DPRD Rejang Lebong, Edy Irawan HR, SP. (rjs)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*