Tedy Haryanto, S.Hut

Dinsos Bantu 6 ODGJ Kepahiang

KEPAHIANG– Selama Januari – April 2020, Dinas Sosial Kepahiang telah membantu pengobatan 6 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kepahiang.

‘’6 ODGJ itu sudah kita rawat di RSJ Bengkuklu. Bahkan, 3 diantaranya sudah pulang ke rumah,’’ ungkap Kadis Sosial Kepahiang, Julian Muda Parsa melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Tedy Haryanto, S.Hut kepada potretbengkulu.com, Kamis, (30/4).

Dikatakan, ODGJ yang dibantu itu merupakan warga Kepahiang yang memiliki administrasi kependudukan Kepahiang. Untuk ODGJ yang tidak memiliki administrasi kependudukan Kepahiang tidak bisa dibantu.

‘’Biaya pengobatan keenam ODGJ yang dirawat di RSJ Bengkulu itu ditanggung BPJS. Ketika pulang kerumah, ODGJ dapat melanjutkan pengobatan di Puskesmas yang ada di wilayah tempat tinggalnya. Jadi, tidak perlu lagi ke RSJ Bengkulu,’’ katanya.

Dalam membantu ODGJ di Kepahiang, Dinsos Kepahiang terkendala dengan anggaran operasional. Soalnya, untuk tahun 2020, Dinsos hanya mendapat anggaran untuk membantu 6 ODGJ.

‘’Kita masih menemukan 2 ODGJ lagi yang tinggal di Desa Tertik dan Kelurahan Padang Lekat. Tapi, kedua ODGJ itu belum bisa dibantu. Selain keterbatasan anggaran, keluarga kedua ODGJ itu merasa keberatan. Jadi kita tidak bisa berbuat apa-apa,’’ tutur Tedy Haryanto.

Selain itu, Dinsos Kepahiang juga telah membantu 100 Lansia. Bantuan disalurkan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Azzahra Kepahiang. Tiap Lansia berusia diatas 60 mendapat bantuan Rp 2,7 juta per tahun. (rjs)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*