Longsor yang terjadi pukul 17.10 WIB, Kamis, (19/3) mengancam rumah warga di lingkungan RT 11 RW 04 Sidodadi Kelurahan Pasar Ujung, Kepahiang.

Jurang Sidodadi Longsor 3 Rumah Terancam Ambruk

KEPAHIANG – Diguyur hujan deras, jurang di RT 11 RW 04 Sidodadi Kelurahan Pasar Ujung, Kepahiang longsor sekitar pukul 17.10 WIB, Kamis, (19/3).

Akibat dinding tebing sepanjang 10 meter dengan tinggi 12 meter yang longsor itu 3 rumah warga terancam ambruk. Ketiga rumah itu adalah rumah Rusdi, Husein dan Agus. Selain itu, longsor juga mematahkan bronjong penahan tebing.

‘’Dinding rumah kami tingga beberapa CM saja dari bibir tebing yang longsor. Ini yang mambuat kami sangat cemas,’’ kata Rusdi kepada potretbengkulu.com.

Tebing jurang di RT 11 RW 04 Sidodadi longsor pukul 17.10 WIB, Kamis, (19/3)

Dikatakan, sebelumnya, tebing jurang itu pernah longsor beberapa tahun lalu. Longsor terjadi akibat air drainase yang terjun bebas dan menggerus dinding tebing yang diatasnya ada rumah-rumah warga.

‘’Terjunan air drainase yang sebelumnya longsor dan nyaris memutuskan badan jalan aspal itu sudah dibangun permanen. Kini, kondisinya sudah aman. Di bagian bawah terjunan air itu dipasangani bronjong. Nah diatas bronjong itulah tanah tebingnya kembali longsor hingga badan bronjong patah,’’ tutur Rusdi.

Ketika dikonfirmasikan, Kepala BPBD Kepahiang, Ir. Taufik siap melakukan pemantauan di lokasi longsor.  ‘’Besok kita akan turun ke lapangan untuk melakukan assesmen,’’ demikian Taufik. (rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*