Setiap pasien dan karyawan Puskesmas Pasar Kepahiang diperiksa suhu tubuhnya. Termasuk Ka.Puskesmas, drg. Tresia Widya Astuti. (foto.rahman jasin)

Di Puskesmas Pasar Kepahiang
Antisipasi Corona Suhu Tubuh Pengunjung Diperiksa

KEPAHIANG – Untuk mengantisipasi ‘’serangan’’ virus corona, Puskesmas Pasar Kepahiang melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap pengunjung, Selasa, (17/3).

Tak hanya itu, setiap pegawai Puskesmas yang akan masuk Puskesmas juga menjalani pemeriksaan serupa. Termasuk, Kepala Puskesmas, drg. Tresia Widya Astuti juga diperiksa. Setelah itu, pengunjung diwajibkan cuci tangan menggunakan cairan hand sanitizer.

‘’Alhamdullillah, sampai saat ini kita belum menemukan pengunjung yang suhu tubuhnya tinggi. Kalau ada pengunjung yang suhu tubuhnya diatas 37 derajat Celsius, maka, pengunjung itu langsung kita masukan ke IGD untuk menjalani pemeriksaan medis,’’ kata Tresia Widya Astuti kepada potretbengkulu.com.

drg. Tresia Widya Astuti

Dikatakan, jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Pasar Kepahiang tergolong tinggi. Tahun 2019 tercatat sebanyak 19.421 pasien dengan beragam penyakit. Terdiri dari 3.900 pasien umum dan 15.521 pasien BPJS, Jamkesda.

Selama ini, pasien yang berobat di Puskesmas Pasar Kepahiang masih didominasi 5 penyakit tidak menular. Seperti, inpeksi saluran pernafasan atas (ISPA), diare, hipertensi, diabetes militus, dan penyakit jantung.

‘’Sampai hari ini, Selasa, (17/3), total kunjungan kita mencapai  1.158 pasien. Terdiri dari 221 pasien umum dan 937 pasien BPJS/Jamkesda. Pasien umum biasanya pendatang dari luar Kepahiang. Kalau masyarakat Kepahiang rata-rata peserta BPJS/Jamkesda,’’ ujar Tresia Widya Astuti yang akrab disapa drg.Widya.

Puskesmas Pasar Kepahiang menurut Widya dilengkapi dengan  3 poly klinik. Yakni poly umum, poly anak, dan poly KIA/KB. Serta ruang persalinan.

”Puskesmas kita masih kekurangan tenaga dokter. Sebab, saat ini baru memiliki 1 dokter. Ditambah, 36 bidan dan 12 perawat,’’ demikian Tresia Widya Astuti. (rjs)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*