Supriyanti

Dukung Wisata Daerah
Bandung Jaya Bangun Gedung Serbaguna dan ”Saung Kopi”

KEPAHIANG – Kades Bandung Jaya, Kabawetan, Supriyanti, terus berupaya memacu pembangunan sarana dan prasarana desa. Salah satunya adalah membangun Gedung serbaguna dengan dana DD/ADD.

‘’Tahap I Gedung serbaguna itu dilaksanakan tahun 2019 dengan dana DD senilai Rp 300 juta. Tahun 2020 ini akan kita lanjutkan lagi,’’ jelas Kades kepada potretbengkulu.com.

Dikatakan, total dana DD/ADD Desa Bandung Jaya senilai Rp 1,1 miliar. Dana itu bukan hanya digunakan untuk kegiatan fisik semata. Tapi juga digunakan untuk membiayai kegiatan non fisik.

‘’Kegiatan non fisik berupa pemberdayaan masyarakat. Diantaranya pelatihan batik, anyaman bambu serta pengembangan usaha BUMDes. Berupa toko bangunan, bengkel sepeda motor, toko saprodi. Setiap tahun BUMDes mendapat kucuran dana Rp 100 juta. Keuntungan BUMDes kita masukan sebagai PAD desa. Tahun 2018 laba BUMDes sebesar Rp 2 juta dan tahun 2019 naik menjadi Rp 8 juta. Diharapkan usaha BUMDes ini akan terus berkembang,’’ sambung Supriyanti.

Selain itu, Kades juga berusaha membangun ‘’Saung Kopi’’. Sehingga, para pelancong yang mengunjungi hamparan kebun teh Kabawetan dapat beristirahat sambil menikmati kopi hangat di ‘’Saung Kopi’’.

‘’Salah satu produk unggulan Desa Bandung Jaya adalah kopi arabika dan kopi robusta. Ini akan akan kita kembangkan juga,’’ paparnya. (rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*