Warga bersama TNI/Polri mengevakuasi para penambang yang terjebak gas beracun di dalam lubang, Sabtu, (7/3)

Di Lebong Tambang
15 Penambang Emas Terjebak di Lubang 3 Tewas 12 Dirawat

LEBONG – Diduga menghirup gas beracun di dalam lubang tambang, 3  penambang emas tradisional di Lebong Tambang, Lebong Utara tewas. Sedangkan 12 penambang lainnya masih menjalani rawat intensif di Puskesmas Muara Aman dan RSUD Lebong. Peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, Sabtu, (7/3).

Ketiga penambang yang tewas itu adalah, Doni (34) warga Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara,  Asmawi als Mawi (50) warga Lebong Tambang,  dan  Heri (45) warga Lebong Tambang.

Evakuasi penambang yang keracunan di dalam lubang di Lebong Tambang, Sabtu, (7/3)

Sedangkan 12 penambang yang menjalani perawatan medis di Puskesmas Muara Aman dan RSUD Lebong. 7 Warga dirawat di RSUD Lebong. Mereka adalah,  Yodi, (30) warga Desa Tunggang, Dedi Dahmudi (39) warga Ladang Palembang, Sari (40) warga Ladang Palembang, Insanir als Ujang (45) warga Desa Lebong Tambang, Junaidi (32) warga Desa Lebong Tambang. Serta  Dedi (45) warga Desa Ladang Palembang, Ashari (40) warga Desa Ladang Palembang.

Ditambah, 5 penambang dirawat di Puskesmas Muara Aman. Terdiri dari Supri (45) warga Desa Lebong Tambang, Supian (34) warga Desa Ladang Palembang,   Supandi bin supian (18) warga Desa Ladang Palembang, Yulian als Juriak (37) warga Lebong Tambang dan Vero (25) warga Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pelabai, Lebong.

Berdasarkan data terhimpun, sebelum kejadian, para penambang sedang bekerja di lubang tambang emas.  Untuk menyedot air dalam lubang puluhan meter, para penambang menggunakan generator.

Warga bersama tim gabungan TNI/Polri dan Pemkab Lebong saat membantu mengevakuasi para penambang yang terjebak gas beracun di dalam lubang tambang, Sabtu, (7/3)

Asap knalpot generator tertiup angin dan masuk ke dalam lubang. Akibatnya, para penambang di dalam lubang menghirup asap knalpot yang diduga mengandung gas CO2. akibatnya, para penambang di dalam lubang langsung terkulai keracunan.

Mengetahui ada penambang yang terjebak di dalam lubang beberapa pekerja lain berusaha membantu. Namun, regu penolong yang masuk ke dalam lubang  juga ikut menghirup asap knalpot generator yang memenuhi lubang. Akibatnya, regu penolong juga terkulai di dalam lubang.

Peristiwa itu langsung mendapat perhatian serius  apparat kepolisian, TNI dan Pemkab Lebong. Dalam tempo cepat, para penambang yang terjebak di lubang berhasil dievakuasi.

‘’Para penambang yang berhasil dievakuasi tim gabungan TNI, Polri, Pemkab dan masyarakat itu langsung dilarikan ke Puskesmas Muara Aman dan RSUD untuk mendapat pertolongan medis,’’ jelas Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur melalui Kapolsek Lebong Utara, Iptu Firmansyah didampingi Kanit Reskrim, Ipda Amir. (red)

Para Penambang yang keracunan di dalam lubang tambang emas tradisional Lebong Tambang.

1.Doni (34) warga Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara, meninggal dunia.

2.Asmawi als mawi (50) warga Desa Lebong Tambang, meninggal dunia

3.Heri (45) warga Lebong Tambang, meninggal dunia

4.Yodi, (30) warga Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara dirawat di RSUD

5.Supri (45) warga Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara dirawat di Puskesmas Muara Aman

6.Dedi Dahmudi (39) warga Desa Ladang Palembang dirawat di RSUD

7.Supian (34) warga Desa Ladang Palembang dirawat di Puskesmas Muara Aman

8.Supandi bin supian (18) warga Desa Ladang Palembang dirawat di Puskesmas Muara Aman

9.Sari (40) warga Desa Ladang Palembang, dirawat di RSUD

10.Yulian als Juriak (37) warga Lebong Tambang dirawat di Puskesmas Muara Aman

11.Insanir als Ujang (45) warga Desa Lebong Tambang dirawat di RSUD

12.Junaidi (32) warga Desa Lebong Tambang dirawat di RSUD

13.Vero (25) warga Kelurahan Tanjung Agung dirawat di Puskesmas Muara Aman

14.Dedi (45)warga Desa Ladang Palembang dirawat di RSUD

15.Ashari (40) warga Desa Ladang Palembang dirawat di RSUD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*