HM Thobari Mu'ad

Kata Thobari Mu’ad
‘’Sebelum Ada MoU Stop Penerbitan Izin RSUD Jalur II’’

KEPAHIANG – Wakil Ketua DPRD Kepahiang, HM.Thobari Mu’ad meminta Bupati untuk mencabut perizinan operasional RSUD jalur II di Kelurahan Durian Depun, Merigi.

‘’Dewan sudah merekomendasikan agar bupati tidak menerbitkan izin operasional RSUD jalur II. Seperti izin operasional, izin praktik dokter dan bidan. Serta izin AMDAL. Bahkan, izin yang sudah diterbitkan harus dicabut. Misalnya, izin mendirikan bangunan atau IMB. Ini dilakukan sebelum pihak Rejang Lebong duduk bersama Pemkab dan DPRD Kepahiang soal pengelolaan RSUD itu,’’ tutur Thobari kepada potretbengkulu.com.

 Soalnya, lanjut Thobari selama ini, antara Pemkab Rejang Lebong dan Pemkab Kepahiang belum merembukan terkait pengelolaan RSUD jalur II.

‘’Jadi kita juga mengimbau Pemkab Rejang Lebong untuk menghentikan aktivitas operasional RSUD jalur II sebelum kedua pihak menyepakati terkait pengelolaannya,’’  kata Thobari.

Dikatakan, Pemkab Kepahiang tidak berniat mempersulit operasional RSUD jalur II. Hanya saja, Pemkab Rejang Lebong perlu melakukan langkah koordinasi dengan Pemkab Kepahiang.  Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan terkait hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Selain itu, Thobari juga meminta Pemkab Rejang Lebong segera menyerahkan seluruh aset bergerak dan tidak bergerak milik Pemkab Rejang Lebong yang berada di wilayah Kepahiang sebagai wilayah pemekaran Rejang Lebong.

”Sesuai UU No 39 Tahun 2003, seluruh aset bergerak dan tidak bergerak milik Rejang Lebong yang berada di Kepahiang harus diserahkan kepada Kepahiang. Kalau tidak diserahkan, itu merupakan tindakan melawan hukum berupa penggelapan. Dan Kepahiang bisa menggugat secara hukum melalui class action. Tapi jika masih bisa diselesaikan melalui musyawarah mufakat, maka, langkah hukum itu tidak perlu dilakukan. Karena upaya hukum itu merupakan langkah akhir ketika seluruh upaya menemui jalan buntu,” demikian HM Thobari Mu’ad. (rjs)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*