Irigasi Air Duku Kejalo yang selesai direhab Dinas PUPR Rejang Lebong tahun 2019.

Bangun 5 Irigasi Pacu Produksi 570 Hektare Sawah

REJANG LEBONG – Bangun 5 jaringan irigasi, Dinas PUPR Rejang Lebong berupaya memacu produktivitas sawah petani. Kelima daerah irigasi (DI) itu dibangun dengan dana DAK 2020 senilai Rp 5 miliar.

‘’Lima jaringan irigasi yang dibangun 2020 ini terdiri dari Irigasi Air Been, Sambe Baru dengan luas sawah fungsional 5o hektare, irigasi Air Duku, Dusun Curup 225 hektare, irigasi Air Semumai Deras, Sindang Beliti Ilir 50 hektare, irigasi Air Seguring 152 hektare dan Air Pikat seluas 90. Jadi total luas sawah yang dialiri kelima irigasi yang kita rehab itu mencapai 570 hektare,’’ jelas Kadis PUPR Rejang Lebong, Yusran Fauzi, ST didampingi Kabid Sumber Daya Air, Andi Irawan, ST kepada potretbengkulu.com, Kamis, (6/2).

Irigasi Air Kejalo Duku Ilir yang selesai dibangun 2019.

Dikatakan, pembangunan 5 jaringan irigasi ini diharapkan mampu mendongkrak hasil panen petani. Karena, air irigasi yang masuk ke petakan sawah petani dapat berjalan normal. Karena jaringan irigasi yang patah dan bocor segera diperbaiki.

Sebelumnya lanjut Yusran Fauzi, Dinas PUPR Rejang Lebong telah merehab 5 jaringan irigasi di tahun 2019 dengan dana Rp 5 miliar bersumber dari DAK dan DAU.

Kelima jaringan irigasi yang sudah selesai dikerjakan pembangunannya itu terdiri dari irigasi Air Merah, Purwodadi dengan luas sawah fungsional 110 hektare, irigasi Air Kejalo Duku Ilir 60 hektare, irigasi Air Blumai III kiri 28 hektare. Serta irigasi Air Semumai Deras 50 hektare dan irigasi Air Duku Kejalo seluas 180 hektare dengan total sawah mencapai 428 hektare.(rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*