Zurdi Nata

Kopi Asalan Kepahiang Rp 17.000/Kg

KEPAHIANG– Kendati musim panen kopi sudah berlalu, namun, petani masih bisa menikmati buah sela. Hanya saja, harga jual kopi biji masih belum membaik.

‘’Hari ini, harga kopi masih berfluktuasi Rp. 17.000 – Rp.19.000 per kg. Rp 17.000 untuk kopi asalan dan Rp 19.000 untuk kualitas baik,’’ ungkap toke kopi Kepahiang, H. Zurdi Nata kepada potretbengkulu.com.

Posisi harga Rp 17.000 – Rp 19.000 itu lanjut Zurdi Nata yang juga Cawabup Kepahiang yang mendampingi kandidat incumbent, Hidayatullah Sjahid dalam Pilkada 2020, sudah berjalan sejak awal Januari 2020.

‘’Selain memanen buah sela, masih banyak petani yang menjual simpanan kopi hasil panennya. Kopi yang kita beli ini bukan hanya berasal dari Kepahiang saja. Tapi, tidak sedikit berasal dari wilayah tetangga. Seperti Empat Lawang, Sumsel, Benteng, Seluma dan Bengkulu. Kopi Kepahiang yang masuk ke gudang kita hanya 20 persen dari total stock,’’ ujarnya.

Saat ini tutur Zurdi Nata, permintaan ‘’pasar’’ cukup tinggi. ‘’Kita masih memiliki stock diatas 100 ton. Kopi ini kita kirim ke pedagang besar di Surabaya,’’ katanya. (rjs)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*