Kepala BPBD Kepahiang, Ir.Taufik. (foto.rahman jasin)

Tangani Pasca Bencana
BPBD Siap Realisasikan Dana Hibah Rp 94 M

KEPAHIANG– Kepala BPBD Kepahiang, Ir.Taufik siap merealisasikan dana hibah BNPD 2020 senilai Rp 94 miliar. ‘’Dana hibah itu akan kita gunakan untuk membangun pasca bencana alam yang berkaitan dengan  hajat hidup orang banyak,’’ kata Taufik kepada potretbengkulu.com.

Dikatakan, sarana dan prasarana yang akan dibangun dengan dana hibah itu terdiri dari irigasi Desa Suro Muncar, Ujan Mas yang sudah 2 tahun putus. Irigasi itu mengairi 90 hektare sawah potensial. Membangun jalan penghubung Kelurahan Durian Depun, Merigi – Desa Teladan, Curup Selatan yang longsor di wilayah Durian Depun. Membangun jalan longsor penghubung Desa Batu Kalung – Batu Bandung, Muara Kemumu. Serta normalisasi drainase Jalan Desa Talang Karet  yang selama ini banjir.

‘’Kita juga akan menangani pasca bencana banjir Desa Air Hitam dan Tanjung Alam, Ujan Mas. Mulai dari membangun 16 rumah warga yang rusak akibat banjir dan sarana sosial. Termasuk membangun 16 jembatan di yang rusak akibat bencana alam Kepahiang,’’ tutur Taufik.

Diharapkan, pembangunan yang dibiayai dana hibah BNPB itu dapat membantu masyarakat pasca bencana. Target dan sasaran yang akan dibangun dengan dana hibah itu sudah ditetapkan sebagai skala prioritas.

‘’Selain itu, BPBD juga berupaya meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan. Sehingga, ketika terjadi bencana, tim BPBD bersama instansi terkait dapat langsung turun membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Sekaligus bergerak cepat melakukan penanganan pasca bencana,’’ paparnya. (rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*