Walikota hadiri acara silaturahmi dengan penyuluh di kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Senin (6/1).

Walikota Minta Penyuluh Pertanian Jalin Kerjasama dengan Perusahaan

BENGKULU – Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu diminta  Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE untuk memberdayakan seluruh tenaga penyuluh di setiap kelurahan mengikat kerjasama dengan perusahaan sekitar. Tujuannya agar mendapatkan dana CSR untuk mendukung program-program di tiap kelurahan.

Helmi menyayangkan selama ini belum pernah ada kerjasama dengan pihak ketiga. Ini disampaikannya saat menghadiri acara silaturahmi dengan penyuluh di kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Senin (6/1).

“Selama ini CSR ke kita belum ada. Harusnya ada kerjasama apakah itu semacam CRS atau apa. Tapi kita juga harus ada program. Misalnya program tanam pisang, tanam kelapa, ternak ayam petelur dan lainnya. Harus ada sesuatu yang bisa kita berikan kepada masyarakat,” ujar Helmi.

Dikatakan Helmi, juga harus ada rumusan, misalnya kelurahan A kebutuhanya dan potensinya apa. Misalnya ternak ayam, atau bibit jagung. Karena rumusan program seperti ini memang jadi andalan untuk memastikan masyarat itu tidak kesulitan. Sehingga ketika harga naik, ketahanan pangan sudah ada program. Harus ada gebrakan.

Selain itu, Helmi juga minta agar masalah alih fungsi lahan bisa dikendalikan agar tidak meluas. “Persawahan tidak boleh diaih fungsihkan ke bangunan-bangunan fisik,” pesan Helmi.

Syahrul Tamzie Selaku Kadis Pertanian Ketahanan Pangan Kota Bengkulu mengatakan pihaknya akan berusaha merealisasikan apa yang telah disampaikan oleh walikota. “Termasuk soal alih fungsi lahan tadi. Jadi kalau ada informasi masyarakat yang mau menjual lahan persawahannya, kita akan pastikan lahan itu tidak beralih fungsi. Bila perlu pemerintah yang membelinya,” demikian Syahrul.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*