Tebing longsor, dapur rumah Kamto di Gang Harapan, Dusun I Desa Rimbo Recap, Curup Selatan runtuh, pukul 23.00 WIB, Sabtu, (7/12).

Di Desa Rimbo Recap
Diterjang Longsor Dapur Rumah Kamto Runtuh

REJANG LEBONG– Ujan malam hari, dapur rumah Kanto di Gang Harapan Dusun I Desa Rimbo Recap, Curup Selatan, Rejang Lebong roboh akibat diterjang longsor. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB, Sabtu, (7/12).

‘’Tebing di pinggir dapur ini longsor disebabkan, badan siring di bawahnya rusak. Sehingga air terus menggerus tanah tebing. Puncaknya, ketika hujan tadi malam, tebingnya longsor dan meruntuhkan dinding dapur berukuran 3 x 4 meter,’’ jelas  Kamto kepada potretbengkulu.com, Minggu, (8/12).

Diakui Kamto, posisi dinding dapur rumahnya berada di pinggir tebing dan belum dipasang beton pelapis. Akibatnya, ketika dinding tebing longsor bangunan dapurnya runtuh.

Dapur rumah Kamto di Gang Harapan Dusun I Desa Rimbo Recap runtuh akibat tanah tebingnya longsor pukul 23.00 WIB, Sabtu, (7/12)

Bencana longsor yang mengakibatkan dapur rumahnya runtuh itu tidak menelan korban jiwa. Kendati begitu Kamtor mengalami kerugian sekitar Rp 5 juta.

‘’Untuk sementara, dinding rumah yang terbuka kita tutup dengan seng dulu. Nanti pondasi dan dinding dapur yang runtuh diterjang longsor akan kita bangun kembali,’’ ujarnya.

Kamto berharap, badan siring drainase yang dibagian bawah dapurnya dapat diperbaiki. Sehingga air siring bisa mengalir lancar dan tidak menggerus dinding tebing yang menyangga bangunan dapur rumah.

‘’Kalau badan siring yang rusak tidak diperbaiki, saya khawatir dinding tebingnya akan terus longsor. Karena, air yang mengalir ketika hujan cukup deras dan akan terus menggerus dinding tebing,’’ demikian Kamto. (rjs).

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*