Tim BKSDA berusaha meneliti penyebab kematian 4 penyu di dekat limbah PLTU, Kamis, (5/12)

BKSDA Teliti Kematian 4 Penyu Mati Dekat Limbah PLTU

BENGKULU – Sejak ditemukannya 4 ekor penyu mati di pantai Teluk Sepang dekat limbah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), muncul asumsi di masyarakat bahwa penyebab kematian hewan yang dilindungi itu karena tercemar limbah dari PLTU milik PT.Tenaga Listrik Bengkulu (TLB). Untuk membuktikan apakah benar penyu itu mati disebabkan limbah PLTU, pihak Balai Konservasi dan Sumber Daya Mineral (BKSDA) mengambil sample penyu untuk dilakukan uji lab.

Kepala BKSDA Bengkulu-Lampung, Donal Hutasoit mengatakan saat ini bangkai penyu sudah dievakuasi. “Kita ingin mencari tahu penyebab hingga keempat penyu itu sampai mati. Identifikasi penyebab kematian bisa dilakukan dengan cara uji laboratorium. Kini tim dokter BKSDA sudah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap bangkai penyu tersebut,” ujar Donal.

Dikatakannya, tujuan dilakukan uji lab untuk memastikan apakah ada zat berbahaya yang menyebabkan penyu sampai mati. Untuk sementara ini pemeriksaan dilakukan di di resort Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang Bengkulu. Tahap awal ini dokter daeri BKSDA sudah melakukan pemeriksaan lebih lanjut serta mengambil sample.

PLTU Bengkulu

Pihak PLTU saat dikonfirmasi potretbengkulu.com, yakni HSE Enginer PT.TLB,  Zulhelmi belum mau banyak berkomentar terkait temuan penyu yang mati itu. Namun menurut dia secara pribadi tidak yakin kalau penyu itu mati dikarenakan tercemar limbah dari perusahaan tempat dia bekerja.

“Terkait hal itu, lebih baik kita tunggu data resmi dari pihak BKSDA. Karena kami (PT.TLB) tidak berwenang untuk memastikan penyebabnya. Namun yang jelas berdasarkan hasil pemantauan kita secara berkala selama ini, kita yakin bahwa penyu yang mati kemarin bukan dikarenakan limbah kita,” kata Zulhelmi.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya disaat dilakukannya uji coba PLTU juga pernah ditemukan bangkai penyu di pantai Teluk Sepang. Bahkan bukan hanya penyu, biota laut seperti jenis ikan juga pernah ditemukan mati di kawasan dekat limbah PLTU itu.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*