Syafriandi

2020 DKP Siap Gulirkan 4 Program Prioritas

BENGKULU – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu telah menyiapkan 4 program prioritas yang akan digulirkan 2020 mendatang. Keempat program prioritas tersebut terdiri dari pemberian bantuan kapal nelayan sebanyak 1001 unit, revitalisasi pulau tikus, bantuan benih ikan sebanyak 1 juta ekor, dan pengadaan sarana prasarana perikanan.

Kepala DKP Kota Bengkulu, Syafriandi mengatakan, empat program prioritas tersebut telah disampaikan didalam APBD Kota Bengkulu untuk 2020 mendatang. Pihaknya berharap program tersebut bisa terealisasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat kota Bengkulu.

“Kita sudah sampaikan program tersebut ke DPRD Kota Bengkulu, kita percaya itu semua akan terealisasi,” kata Syafriandi, Kamis (28/11).

Ia mengaku, pada 2020 mendatang memberikan bantuan kapal kepada nelayan dengan harapan produktivitasnya meningkat. Pasalnya saat ini kebanyakan nelayan berlayar ke laut masih menggunakan peralatan yang sederhana dan kapal yang telah usang.

Dengan adanya bantuan ini para nelayan bisa berlayar dengan aman dan mendapatkan ikan yang banyak.

“Nanti kapal yang akan kita berikan itu jumlahnya ada 1.001 unit dengan anggaran Rp 7,5 miliar, semua itu untuk nelayan di Kota Bengkulu,” ujarnya.

Selain pemberian bantuan kapal, pihaknya juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 21 miliar untuk revitalisasi pulau tikus. Selain revitalisasi, pihaknya juga akan membangun jetty di Pulau Tikus agar kalau ada yang ingin ke Pulau Tikus tidak ada loading kapal lagi.

“Kita akan revitalisasi pulau tikus pada 2020 mendatang,” tuturnya.

Sementara untuk program sejuta ikan, pihaknya menginginkan agar semua pelaku pembudi daya ikan yang ada, bisa mendapatkan bantuan dari Pemkot Bengkulu sehingga produksi mereka menjadi meningkat. Apalagi Pemkot menganggarkan sebanyak Rp 9 miliar untuk program ini pada 2020 mendatang.

“Program ini juga untuk menghilangkan pemasokan ikan dari Lubuklinggau dan Padang. Kami yakin kalau 2020 program ini terlaksana tidak akan ada lagi pemasokan ikan kita dari daerah luarnya. Selain itu DKP juga mengadakan sarana dan prasarana perikanan untuk nelayan,” tutupnya.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*