Diskominfotik – PWI Gelar Seminar dan UKW, Selasa, (26/11)

Diskominfotik – PWI Gelar Seminar dan UKW

BENGKULU –  Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu menggelar seminar menuju jurnalis unggul dan bimtek peningkatan kompetensi wartawan, Selasa, (26/11).

Seminar dibuka Kadis Komonfo Provinsi Bengkulu, Jaduliwan SE, MM. ‘’Terimakasih kepada seluruh insan pers di Bengkulu yang selama ini sudah menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dari perjalanan yang sudah kita lakukan selama ini ada beberapa hal yang menjadi evaluasi. Kami berharap ke depan akan dapat ditingkatkan lagi. Apalagi setelah kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini tentu profesionalitas kawan-kawan jurnalis akan semakin meningkat,” kata Jaduliwan.

Dikatakan, industri media menjadi industri yang berkembang di negeri ini. Terlihat dari banyaknya media-media baru yang bermunculan. Tentu setiap media membutuh tenaga jurnalis yang berkualitas. Setiap wartawan harus profesional dan berkompeten. Wartawan yang memiliki kompetensi dipastikan akan memperhatikan kode etik dalam membuat karya jurnalistik.  Ini membuat pers yang profesional yang berkerja untuk kepentingan masyarakat. Pers membantu pemerintah dalam melaksanakan fungsinya dan harus tetap bersinergi tanpa ada intervensi,” jelas Jaduliwan.

Seminar dihadiri Ketua PWI Bengkulu, Zacky Antoni, SH, MH. Dalam kata sambutannya, mantan Pemred Harian Rakyat Bengkulu ini ini mengatakan bahwa pemerintah dan PWI memang harus sama-sama mendukung acara seminar dan bimtek wartawan karena tupoksinya sama yakni untuk meningkatkan kompetensi wartawan.

Selain seminar dan bimtek juga digelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ditempat bersamaan kerjasama PWI dengan Kominfotik. Salah satu penguji dan narasumber yang hadir yakni Mara Sakti dari PWI pusat.

“Peserta yang mengikuti UKW hari ini 30 orang. Satu kelompok utama, satu kelompok madya dan empat kelompok UKW muda. UKW ini bukan maunya PWI. Bukan maunya saya pribadi. Tapi ini sudah menjadi regulasi dewan pers. Yang menandatangani sertifikatnya nanti menteri langsung. Dan sudah ada dasar hukumnya yakni undang-undang pers nomor 1 tahun 2010. UKW ini sebagai acuan untuk evaluasi kinerja dan menjaga harkat dan mertabat wartawan itu sendiri. Yang belum ikut UKW, PWI mendukung, ikutlah UKW,” demikian Zacky.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*