Kadis PUPR Kepahiang, Rudi Sihaloho, ST.

2020 Fokus Tata Wajah Kota dan Buka Isolasi

KEPAHIANG– Kepala Dinas PUPR Kepahiang, Rudi Andi Sihaloho, ST, menjelaskan, program pembangunan fisik tahun 2020 difokuskan pada pembenahan wajah Kota Kepahiang. Serta, pembangunan jalan di wilayah pinggir.

‘’Dalam RAPBD 2020, kita mengusulkan pembangunan Pasar Kepahiang,  hotmiks jalan kota dan drainase dalam kota. Serta peningkatan jalan di wilayah pinggir yang dibiaya dana SMI senilai Rp 60 miliar. Diantaranya, Jalan Cinta Mandi – Langgar Jaya, Bandung Jaya – Simpang Air Les – Warung Pojok.  Sedangkan usulan dana dalam RAPBD senilai Rp 28,1 miliar. Jika disetujui DPRD maka total dana pembangunan fisik 2020 mencapai Rp 88,1 miliar,’’ ungkap Rudi kepada potretbengkulu.com.

Dikatakan, khusus untuk pembangunan irigasi dan jalan lingkungan diusulkan melalui dana alokasi khusus (DAK).

‘’Kita berharap, usulan dana untuk pembangunan infrastruktur dalam RAPBD 2020 dapat disetujui dewan. Sehingga, program-program yang sudah direncanakan dapat direalisasikan sesuai harapan,’’ katanya.

Selama ini lanjut Rudi, jalan penghubung Desa Cinta Mandi – Langgar Jaya merupakan jalan tanah. Kondisinya sangat memprehatinkan. Khususnya ketika hujan turun, maka badan jalan menjadi berlumpur dan licin. Sehingga sulit dilintasi kendaraan roda empat. Sementara di wilayah itu merupakan sentra produksi kopi.

‘’Dengan dibangunannya jalan-jalan itu, maka, petani dapat dengan mudah dan murah mengeluarkan hasil panen. Khususnya kopi. Soalnya selama ini, ongkos angkut hasil panen kopi tergolong mahal. Karena hasil panen kopi terpaksa diangkut dengan bantuan sepeda motor. Tapi, setelah jalan itu dibangun maka, hasil panen dapat diangkut dengan kendaraan roda empat,’’ paparnya. (rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*