Harits

Perkiraan BMKG Awal Desember Sudah Mulai Musim Penghujan

BENGKULU – Kabar gembira bagi masyarakat Provinsi Bengkulu yang sedang mengalami kekeringan air sumur, terkhusus di Kota Bengkulu. Pasalnya, berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno Bengkulu musim penghujan akan segera tiba, diprediksi mulai awal Desember 2019.

Ini disampaikan Prakirawan Cuaca BMKG Fatmawati Soekarno Bengkulu, Harits Syahid saat diwawancarai potretbengkulu.com Senin (18/11). “Perkiraan kita hujan mulai turun merata di awal Desember nanti,” ujar Harits.

Ia mengatakan bahwa sebenarnya saat ini hujan sudah mulai turun meski pun belum merata karena intensitasnya masih rendah, hanya turun di beberapa spot-spot yakni di kawasan perbukitan atau gunung. “Hujan sudah turun seperti di gunung wilayah Kepahiang dan Curup,” kata Harits.

Harits mengakui bahwa perkiraan BMKG mengenai hujan tahun ini sedikit meleset dikarenakan faktor musim yang sudah mulai berubah. “Musim hujan tahun ini memang mundur, biasanya memasuki awal September sudah mulai musim penghujan. Ini mungkin karena perubahan siklus udara dan perubahan musim atau karena pemanasan global. Tapi kami tidak bisa pastikan apakah tahun depan kembali normal atau mundur lagi,” terang Harits.

Diperkirakan, sambung Harits di tanggal 20 dan tanggal 23 bulan November ini akan turun hujan yang intensitasnya cukup tinggi dan itu merata di Provinsi Bengkulu. “Tanggal 20 dan 23 nanti hujan turun mungkin bisa seharian. Yang jelas intensitasnya cukup tinggi,” demikian Harits.

Salah satu warga yang sumur di rumahnya kekeringan, Septi (27) warga Prumnas Betungan Rafflesia Asri RT 47 Kelurahan Selebar berharap hujan segera turun. “Sudah 2 bulan ini sumur di rumah kering. Kalau sampai minggu depan hujan belum turun juga, terpaksa mau gali sumur lagi berharap ketemu air,” keluhnya.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*