Hamka Sabri

Kawasan Kumuh PR Lama Pemerintah

BENGKULU – Sampai saat ini masih banyak sekali kawasan kumuh di Provinsi Bengkulu. PPK Pengembangan Kawasan Pemukiman Provinsi Bengkulu, Heru Purnomo mengaku, pada 2019 ini pihaknya akan menangani sebanyak 500 hektar kawasan kumuh dibeberapa kabupaten/kota di Bengkulu.

Beberapa kabupaten/kota yang menjadi target penghapusan kawasan kumuh diantaranya Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, dan Bengkulu Selatan. “Jika tidak tercapai, tentu kedepannya perlu berkolaborasi lagi dengan mereview kembali, agar program yang sama dalam bentuk berbeda bisa dilanjutkan di tahun berikutnya,” kata Heru.

Pemerintah Provinsi Bengkulu menargetkan pada 2019 ini akan menghapus sebanyak 500 hektar kawasan kumuh yang tersebar di wilayah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Pemerintah yaitu melakukan kolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah.

Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengatakan, untuk menghapus kawasan kumuh di daerah dibutuhkan kolaborasi terpadu. Kolaborasi tersebut harus dilakukan secara bersama-sama, tidak saja dari Pemerintah Pusat tetapi juga dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Dengan langkah bersama-sama kami yakin bisa mengurangi kawasan kumuh yang ada dalam wilayah Provinsi Bengkulu,” kata Hamka.

Menurutnya, intervensi pemerintah tidak hanya mencakup penghapusan kawasan kumuh, tetapi juga yang bersifat nonfisik yang mencakup perilaku masyarakat dan peningkatan kegiatan ekonomi dan sosial. Selain penghapusan kawasan kumuh yang sudah ada, pemerintah juga harus memastikan tidak ada kawasan kumuh baru yang tercipta.

“Kita tidak hanya menghapus kawasan kumuh saja, tetapi juga mencegah tidak adanya kawasan kumuh baru tercipta,” tutur Hamka.

Ia berpendapat, tantangan utama penyelesaian permukiman kumuh ialah komitmen dari pemerintah daerah dan masyarakat. Sehingga persoalan kawasan kumuh di daerah haruslah dilakukan secara bersama-sama.

“Penghapusan kawasan kumuh adalah tugas kita bersama, kita harapkan pada 2019 ini seluruh kawasan kumuh di Bengkulu bisa dihapuskan,” demikian Hamka.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*