Pj Sekdaprov saat melepas api abadi Polwil X di lokasi geothermal Hululais, Lebong.

Obor Api Abadi Tandai Pembukaan Porwil Sumatera X

BENGKULU -Usai diarak, obor abadi yang diambil dari lokasi panas bumi Pertamina Geothermal Energy (PGE) Hulu Lais, Kabupaten Lebong akan menandai pembukaan Porwil X di Stadion Semarak, Sawah Lebar Bengkulu, Sabtu, (2/11) malam.

Perjalan obar api abadi dilepas Pj  Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri. Api abadi dari Hulu Lais itu  diharapkan mampu menerangi masyarakat Pulau Sumatera, serta memberikan spirit bagi para lapisan masyarakat khususnya bagi para atlet.

“Ini filosofinya bisa memberikan penerangan, bisa memberikan sinas khususnya api asal Provinsi Bengkulu memberikan sinar untuk Pulau Sumatera dan memberikan cahaya untuk Indonesia kedepannya,” ungkap Hamka Sabri.

Sebelum sampai di titik utama yakni di Kota Bengkulu, api abadi melewati 3 wilayah kabupaten dan 2 hari perjalanan, yaitu mulai dari Kabupaten Lebong ke Kabupaten Rejang Lebong, dilanjutkan ke Kabupaten Kepahiang, lalu ke Kabupaten Bengkulu Tengah dan berakhir di Kota Bengkulu. Untuk hari pertama api abadi diinapkan di Rumah Dinas Bupati Kepahiang.

“Kami pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepahiang siap mendukung suksesnya Porwil Sumatera X 2019 Provinsi Bengkulu. Dihari pertama ini, Rumah Dinas Bupati siap menjadi tempat menginapnya api abadi ini,” kata Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid saat menerima rombongan dan obor api abadi Porwil Sumatera X.

Dalam prosesi arakan torch relay ini, api abadi ini awalnya diterima oleh Pj Sekda Provinsi Bengkulu dari Asisten Pemerintahan dan Kesra Lebong, kemudian dari Pj Sekda Provinsi Bengkulu diserahkan kepada Atlet Atletik Lebong Darlis untuk diarak hingga ke Kabupaten Rejang Lebong.

Setibanya di Kabupaten Rejang Lebong, api abadi diserahkan pada Atlet Atletik Rejang Lebong Simamora, kemudian diserahkan kepada Asisten I Kabupaten Rejang Lebong, di Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong. Selanjutnya api diarak hingga ke Rumah Dinas Bupati, dan disambut langsung Bupati Kepahiang serta diinapkan 1 malam.

Baru setelah itu, api abadi Porwil Sumatera X ini, akan kembali diarak hingga ke Kota Bengkulu.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*