Hotel Grage Horizon Bengkulu

Tingkat Hunian Hotel di Bengkulu Tertinggi di Sumatera

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu merasa bangga dengan tingkat hunian hotel yang terus mengalami peningkatan. Bahkan pada Agustus 2019 lalu, tercatat tingkat hunian hotel mencapai 62,69 persen. Sehingga menempatkan provinsi ini sebagai daerah dengan angka hunian hotel tertinggi di Sumatera.

Gubenur Bengkulu, Dr. H Rohidin Mersyah, MMA mengaku sangat bangga dengan angka hunian hotel di Bengkulu yang selalu tertinggi di Sumatera. Ini mengindikasikan beberapa event besar yang diselenggarakan di Bengkulu bisa menarik minat orang untuk berkunjung ke Bumi Rafflesia.

“Kalau kita lihat data dari BPS, angka hunian hotel kita selalu tinggi, memang kita provinsi kecil, tapi melihat angka itu membuktikan banyak orang berkunjung dan menginap di Bengkulu,” kata Rohidin.

Meskipun banyak orang berkunjung ke Bengkulu, namun pihaknya mengaku lama orang berkunjung hanya selama 2 hari. Hal ini disebabkan destinasi wisata yang ada di provinsi Bengkulu bisa dikunjungi hanya dalam waktu beberapa hari saja. Mengingat luas wilayah yang tidak begitu besar di Kota Bengkulu.

“Kunjungan rata-rata hanya 2 hari, setelah itu mereka pulang, saya ingin bagaimana kalau mereka berkunjung ke Bengkulu tidak hanya di Kota Bengkulu saja, tetapi bisa ke Kabupaten lainnya, seperti ke Kepahiang dan Rejang Lebong, jadi mereka bisa lebih lama di Bengkulu,” tuturnya.

Strategi tersebut dinilai sangat cocok, mengingat banyak pariwisata di Bengkulu terkadang dilewatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah. Padahal jika mereka bisa lebih lama di Bengkulu maka akan menemukan banyak destinasi wisata unggulan di Provinsi Bengkulu.

“Di Kepahiang itu kita ada Mountain Valley, kita jelaskan ada hamparan gunung dan perkebunan teh, kemudian di Rejang Lebong ada air panas juga, saya rasa kalau dijelaskan begitu mereka akan betah di Bengkulu,” ujar Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan mengatakan, sangat setuju dengan saran Gubernur Bengkulu, pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait usulan tersebut.

Dimana OPD yang ada di Kabupaten/Kota ikut mempromosikan wisata unggulan yang ada di daerah. Sehingga kunjungan wisatawan tidak hanya dirasakan di Kota Bengkulu saja, akan tetapi hingga ke daerah.

“Kita akan upayakan hal ini, kita ingin industri pariwisata di Bengkulu maju dan terkenal,” ujarnya.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*