Dr .H. Iskandar ZO, SH, MSi

Dinsos Prov Wujudkan Daerah Tanpa Anak Jalanan

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi terus berupaya mewujudkan daerah tanpa anak jalanan. Hal ini mengingat masih banyak anak jalanan ditemukan dibeberapa perlintasan lampu merah.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk gencar melakukan pembinaan pada kelompok anak jalanan yang bertebaran di daerah.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Dr.H. Iskandar ZO, SH, MSi mengatakan, saat ini pihaknya terus konsen untuk menangani orang terlantar, anak jalanan, kaum disabilitas dan wanita rawan ekonomi. Yaitu dengan mendorong Dinsos Kabupaten/Kota untuk melakukan pembinaan kepada anak jalanan.

“Anak jalanan kita lakukan pembinaan agar tidak lagi berorientasi di jalan. Kita fasilitasi peningkatan kemampuan dengan pelatihan,” kata Iskandar, kemarin (7/10).

Anak jalanan itu dititipkan ke lokasi-lokasi pelatihan, nantinya diharapkan mampu mandiri dan akan ditempatkan di dunia kerja sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Sehingga mereka tidak turun lagi ke jalan dan mengemis.

“Kita ingin mereka mandiri dan bisa bekerja, tidak berada di jalan dan mengemis,” tutur Iskandar.

Berdasarkan survey yang telah dilakukan, jumlah anak jalanan yang bertebar di Provinsi Bengkulu belum mencapai ratusan. Kebanyakan anak jalanan ini berdomisili dari luar Bengkulu. Sifatnya pun berpindah-pindah. Bisa saja dalam waktu dua bulan, anak-anak jalanan itu sudah berpindah lagi ke daerah lain.

“Masalahnya karena mereka hidup di jalan jadi kehidupannya bebas. Oleh sebab itu, kita dorong dan kasih motivasi agar mereka bisa hidup lebih baik lagi setara dengan masyarakat lainnya. Mereka bisa bekerja dan lainnya,” tutupnya.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*