Walikota serahkan bantuan 8 kapal untuk nelayan Tapak Padri

Walikota Serahkan 8 Kapal Nelayan

BENGKULU – Kesejahteraan nelayan di Kota Bengkulu benar-benar diperhatikan oleh Pemerintah Kota Bengkulu. Selasa (1/10) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan kepada para nelayan di Tapak Paderi Kota Bengkulu.

Bantuan berupa kapal dan alat tangkap ikan diserahkan langsung Walikota Bengkulu, Helmi Hasan. Helmi mengapresiasi atas partisipasi nelayan dalam menyukseskan program Pemkot.

“Saya merasa senang dengan kinerja nelayan yang telah berpartisipasi dalam program Pemkot “Jumat Berkah” makan akbar. Dimana, nelayan menyumbangkan sebanyak 400Kg ikan dari 150 Kg yang diminta untuk acara makan akbar 1000 nampan di Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu,” ujar Helmi.

Dalam kesempatan itu, Helmi meyerahkan secara simbolis bantuan kapal dan alat tangkap ikan. Ia berharap dengan adanya bantuan yang telah diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Nelayan.

“Saya harap dengan diberikannya sejumlah kapal dan lengkap alat tangkap ini bisa digunakan dengan baik menambah hasil laut dan dapat menigkatkan perekonomian para nelayan,” ujarnya.

Selain itu Helmi juga menjelaskan beberapa  program Pemkot yang sedang dijalankannya. “Pemkot Bengkulu memiliki tekad mewujudkan Kota Bengkulu yang religius dan bahagia. Banyak inovasi program yang telah dilakukan Pemkot Bengkulu, seperti program Bengkulu bisa, program gerakan peduli yatim (GPY), program gerakan peduli siswa (GPS), HD OTO, serta Pemkot  juga sudah membentuk home industri bagi para ibu-ibu rumah tangga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu, Syafriandi mengatakan ada 8 unit bantuan kapal lengkap dengan seluruh alat tangkap ikan. “Kita akan membagikan 8 unit kapal dgn panjang 7 meter dilengkapi dengan alat tangkap ikan,” kata Syafriandi.

Ia juga menjelaskan bahwa pada tahun 2020 mendatang pemerintah akan mengadakan program 1001 kapal untuk nelayan dan 1 juta bibit ikan akan ditebar di seluruh perairan Kota Bengkulu guna meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Di tahun 2020 kami bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) akan merancang program 1001 kapal untuk nelayan yang nanti nya bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Kota Bengkulu dan membantu jalannya program pemkot ini kami sangat membutuhkan partisipasi dari para nelayan,” jelasnya.

Disamping itu, anggota kelompok nelayan, Darwan Febriansyah mengaku senang dengan bantuan yang diberikan Pemkot Bengkulu, ia juga berharap bantuan berikutnya dapat diberikan secara merata.

“Secara umum alhamdulillah, adanya perhatian dari pemerintah kepada nelayan, kami merasa sangat senang dan berharap bantuannya tidak sampai disini saja, dan kami berharap semoga pemerintah lebih peduli lagi kepada nelayan dan pembagian bantuan dapat dilakukan secara merata, agar tidak terjadi kecemburuan sosial dari nelayan-nelayan lain,” ungkapnya.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*