Rohidin Mersyah saat menerima kunjungan Wakil Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Ms. Wang Jun Jumat (20/9) .

Gub Terima Penghargaan Tiongkok

BENGKULU – Bersama peneliti dari perguruan tinggi, Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah, ditetapkan sebagai salah satu kepala daerah di kawasan Asia Tenggara yang berhasil menerima penghargaan terkait pengembangan komoditas pertanian, yang bisa menurunkan kemiskinan dalam bentuk kebijakan.

Penghargaan dari Association Agriculture teknologi In Southes Asia ini, akan diterima Rohidin bulan November mendatang, di Provinsi Anhui Republik Rakyat Tiongkok. Penghargaan ini, terkait kebijakan gubernur dalam pengembangan komoditas kopi yang gencar dilakukan beberapa tahun terakhir.

Kebijakan tersebut, meliputi penyelesaian lahan pertanian kopi yang masuk ke hutan lindung. Dari sisi produksi mengeluarkan kebijakan penyediaan bibit sambung, agar setiap satuan luas produksinya sesuai standar. Melakukan panen dengan manajemen petik merah dan pengolahan pengeringan sesuai standar.

Pengolahan biji siap eksport, bekerjasama dengan para pengusaha lokal dan di dukung dengan infrastruktur terminal curah kering di Pelabuhan Pulau Baai, menjadi salah satu pertimbangan.

Selain itu, kebijakan gubernur dalam mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM sertifikat hak kekayaan intelektual kopi Bengkulu berdasarkan indikasi geografis, serta memberikan Brand Bencolen Coffe kepada setiap kopi yang keluar, dirasa sangat bermanfaat dalam pengembangan pertanian Bumi Rafflesia.

“Inilah integrasi hulu hilir yang semua kita sentuh sehingga diharapkan nilai kopi Bengkulu akan meningkat kesejahteraan masyarakat meningkat maka kemiskinan akan berkurang,” kata Rohidin.

Hal tersebut, disampaikan Rohidin Mersyah saat menerima kunjungan Wakil Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Ms. Wang Jun Jumat (20/9) . Kedatangan ini silaturahmi dan sosialisasi terkait keberadaan Konjen Tiongkok di Medan yang wilayah kerjanya meliputi Bengkulu.

Pertemuan ini, juga membicarakan peluang kerjasama antara Provinsi Bengkulu dan Tiongkok. Salah satu yang dibahas adalah sektor pertanian dengan komoditas kopi,  dimana Tiongkok merupakan pasar yang prospek sebagai tujuan eksport mengingat permintaan kopi di Tiongkok semakin tinggi.

Wang Jun berjanji akan mempromosikan Bengkulu kepada provinsi-provinsi  di Tiongkok untuk mencari peluang kerjasama dan membangun infrastruktur sehingga memberikan kemakmuran bagi kedua pihak.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*