Kepala Dinsos PMD dan Trans Kepahiang, Ir.Ris Irianto. (foto. rahman jasin)

Di Kabawetan
Dinsos PMD dan Trans Siap Gelar Pameran TTG Nasional

KEPAHIANG– Kepala Dinas Sosial PMD dan Transmigrasi Kepahiang, Ir.H. Ris Irianto tengah mempersiapkan Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional yang diselenggarakan di Desa Sidorejo, Kabawetan, 24 – 25 September 2019.

‘’Pameran TTG kita laksanakan di Sidorejo, Kabawetan. Tapi, peserta yang datang dari seluruh kabupaten/kota se Indonesia akan kita ajak untuk menyaksikan beberapa TTG yang sudah dilaksanakan di Kepahiang. Seperti TTG pengering kopi biji dengan kapasitas 1 ton per 2 jam. Serta penetasan telur dengan tenaga surya di Desa Taba Air Pauh.  Termasuk teknologi menaikan air ke lokasi lebih tinggi tanpa bantuan mesin pompa,’’ jelas Ris Irianto didampingi Kabid PEM, Irwan A kepada potretbengkulu.com.

Selain itu, total peserta yang diperkirakan sebanyak 700 orang dari seluruh kabupaten/kota itu juga akan diajak menyaksikan TTG di Desa Tebat Monok. Diantaranya modifikasi pompa air air menjadi mesin parut kelapa.

‘’Pameran TTG Nasional ini kita laksanakaan bersamaan Festival Mountain Valley yang diselenggarakan 21 – 25 September 2019. Di lokasi pameran juga akan kita gelar acara ngopi bareng. Sehingga seluruh peserta dapat menikmati aroma kopi Kepahiang yang nikmat,’’ paparnya.

Jadi tutur Ris Irianto, petani Kepahiang sudah menggunakan teknologi tepat guna yang berbiaya murah. TTG akan terus digulirkan di desa-desa lain di Kepahiang. (rjs)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*