Harga ayam potong turun peternak merugi

Harga Ayam Potong Turun Peternak Merugi

BENGKULU – Dua minggu belakangan ini harga ayam potong mengalami penurunan dari Rp 20 ribu menjadi Rp 15 ribu per kg. Bahkan saat ini harganya sudah menyentuh di angka Rp 14 ribu per kg atau lebih rendah dari Harga Pokok Produksi (HPP) sebesar Rp 18.5 ribu.

Tentu saja kondisi ini membuat peternak ayam galau karena rugi. Salah satu peternak ayam potong di Kota Bengkulu, Pendi (52) membenarkan harga jual ayam potong terus mengalami penurunan.

Ia mengatakan turunnya harga jual ayam potong tersebut, disebabkan oleh pasokan ayam yang cukup melimpah. Sehingga membuat persediaan di pasar cukup banyak dan membuat peternak kesulitan untuk memasarkannya.

“Pasokannya sekarang sangat melimpah, mau jual mahal tidak ada yang beli, jadi terpaksa murah,” kata Pendi kepada potretbengkulu.com, Jumat (23/8).

Sedangkan, sambung Pendi harga pakan dan biaya pemeliharaan ayam potong terus mengalami kenaikan sementara harga ayam terus mengalami penurunan. Jika hal ini tidak menemukan solusi penyelesaian maka para peternak ayam akan banyak yang gigit jari atau gulung tikar.

“Kami jual ayam potong kondisi hidup murah, tapi biaya pemeliharaan tinggi, jelas ini sangat merugikan kami para peternak ayam potong,” keluh Pendi.

Ia berharap harga jual ayam potong kondisi hidup ini ditingkat peternak dapat kembali normal, yakni di kisaran Rp 18.5 ribu per kg atau lebih tinggi dari HPP sebesar Rp18.500 per kg, sehingga peternak bisa menikmati keuntungan. “Harapan kami harga ayam potong di tingkat peternak bisa naik,” demikian Pendi.

Sementara itu, Distributor Ayam Potong di Bengkulu, Fauzi mengatakan, saat ini mereka menjual ayam potong dalam kondisi hidup kepada para pedagang Rp15.000 per kg, harga jual ini jauh di bawah HPP.

“Kalau harga jual ayam broiler kondisi hidup ditingkat peternak saat ini berkisar Rp 13 ribu per kg untuk di wilayah Sumsel. Tapi kalau di kota Bengkulu masih Rp 14 ribu per kg,” ujar Fauzi.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan turunnya harga daging ayam potong di tingkat pedagang yang saat ini mencapai Rp 27 ribu per kg. Harga ini mengalami penurunan dalam beberapa minggu ini, dimana pada 15 Agustus 2019 lalu harganya masih Rp 30 ribu per kg.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*