Lizar Alfansi

Pemprov Harus Tinggalkan Ekonomi Berbasis SDA

BENGKULU – Menurut Pakar Ekonomi Universitas Bengkulu, Lizar Alfansi SE, MBA, PhD, Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah seharusnya melakukan lompatan perekonomian yaitu dengan cara meninggalkan ekonomi berbasis sumber daya alam (SDA). Karena kemajuan suatu daerah ditentukan dari sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas bukan SDA.

Ia mengatakan, rakyat Bengkulu sudah terlalu lama dibuai oleh kekayaan SDA di daerah. Padahal kekayaan SDA banyak dikuasai oleh korporasi, sementara masyarakat hanya memperoleh dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas perusahaan seperti limbah, banjir, longsor dan bencana alam lainnya.

“Kita tinggalkan ekonomi berbasis sumber daya alam. Kekayaan alam dan sebagainya, kita dininabobokkan dengan keadaan itu,” kata Lizar.

Menurut dia masyarakat Bengkulu harus melakukan lompatan perekonomian berbasis produktivitas yang didukung oleh SDM berkualitas dan teknologi. Karena dengan meningkatkan SDM dan pengetahuan di bidang teknologi akan membuat daerah ini perekonomiannya akan berkembang pesat.

“Bukan lagi perekonomian berbasis buruh murah dan sumber daya alam, tapi SDM yang berkualitas, itu yang diperlukan,” tutur Lizar.

Ia mengaku, yang harus dibangun oleh Pemerintah saat ini adalah infrastruktur fisik dan infrastruktur non fisik. Bahwa modal utama yakni manusia yang harus diperbaiki kualitas life cycle, pendidikan dan kesehatan, serta modal teknologi. “Kita buat SDM yang berkualitas, maka daerah ini bisa makmur,” ujarnya.

Ia menambahkan, ekonomi yang masih berbasis SDA dianggap membutuhkan energi terlalu besar. Dengan membangun SDM dan penggunaan teknologi, kemungkinan besar Indonesia semakin dekat menuju pentas dunia. Bahkan beberapa negara berkembang yang saat ini telah menerapkan hal ini diantaranya China.

Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini terbukti mampu mengalahkan negara maju di dunia. Hal ini diakibatkan kualitas SDMnya mumpuni. “Kita bisa jadi negara maju, bahkan Bengkulu ini bisa lebih maju daripada Provinsi lain kalau SDM ditingkatkan,” tutupnya.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*