Plt Kadis Dikbud Kepahiang, Edy Subagya. (foto. rahman jasin) (1)

Dikbud Kepahiang Segera Rotasi Guru SD-SMP

KEPAHIANG– Plt. Kadis Dikbud Kepahiang, Edy Subagya siap melakukan rotasi guru SD dan SMP. Khususnya guru-guru yang menumpuk dalam satu sekolah.

‘’Kini kita masih melakukan pendataan guru PNS yang menumpuk dalam satu sekolah. Sedangkan sekolah lain kekurangan guru. Setelah itu baru kita lakukan rotasi. Kita upaya rotasi sudah berjalan pada September 2019,’’ kata Edy Subagya kepada potretbengkulu.com.

Diakui Edy Subagya, ada beberapa sekolah yang kelebihan tenaga guru. Disisi lain khususnya sekolah di wilayah pinggir justru kekurangan guru PNS.

‘’Rotasi ini dilakukan untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di Kepahiang. Jadi bukan dilakukan atas dasar suka atau tidak suka. Tapi, kita lakukan sesuai kebutuhan,’’ paparnya.

Selain itu lanjut Edy Subagya, guru CPNS yang ditugaskan di sekolah-sekolah di wilayah pinggir tidak akan diberi izin pindah ke sekolah lain. Karena penempatan tugas guru CPNS itu sudah dilakukan sesuai dengan kebutuhan.  Serta sesuai dengan kesepakatan guru CPNS yang siap ditempatkan dan ditugas dimana saja.

‘’Biasanya, banyak alasan guru di sekolah terpencil atau guru di wilayah pinggir yang mengusulkan pindah tugas ke sekolah di wilayah perkotaan. Misalnya bagi guru perempuan alasan klasiknya ikut suami karena baru menikah. Jika kondisi ini terus ditolerir maka pemerataan guru tidak akan berjalan sesuai harapan,’’ demikian  Edy Subagya. (rjs)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*