Gub menyerahkan sang saka merah putih untuk dikibarkan Paskibraka, Sabtu, (17/8)

Pemprov Gelar Upacara dan Kirab Merah Putih

BENGKULU – Usai menggelar upacara peringatan HUT RI ke-74, Sabtu (17/8), Pemprov Bengkulu menggelar Kirab Bendera merah putih. Bersama Veteran pejuang Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah berjalan mengikuti kirab merah putih.

“Kirab Ini mengandung makna Merah Putih dari Bengkulu Untuk Indonesia, karena Bendera Pusaka Sangsaka Merah Putih lahir dari tangan putri terbaik Bengkulu, Ibu Agung Hj. Fatmawati. Beliaulah yang menjahit bendera merah putih sebagai simbol kedaulatan bangsa ini,” jelas Rohidin.

Rohidin menyampaikan dalam kirab ini secara khusus ingin mengucapkan terimakasih kepada pejuang, yang telah gagah berani mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia. dan saat ini kita mengajak mereka untuk menikmati masa kemerdekaan dengan kemajuan infrastruktur.

“Momen ini kita maknai sebagai wujud terimakasih kepada pejuang, bagaimana bersukacita menikmati hidup merdeka dimasa kemajuan pembangunan infrastruktur pada beberapa sektor. Mereka merasakan suasana riang gembira menyambut peringatan 17 agustus seperti ini,” terang Rohidin

Salah satu veteran pejuang, Mukhtar sampai terharu saat mengikuti kirab merah putih, beliau teringat waktu dulu masa-masa kemerdekaan, dan sekarang ikut disertakan untuk mengikuti kirab kemerdekan RI ke-74.

“Teringat waktu dulu, pada masa masa sulit dalam mengibarkan bendera merah putih. Alhamdulilah sekarang Bendera Merah Putih berkibar diseluruh penjuru negeri,” pungkasnya

Rute kirab bendera merah putih dimulai dari rumah kediaman ibu fatmawati – simpang lima – soeprapto – masjid jamik – pintu batu – simpang bank Indonesia – berakhir di kantor pos kampung yang merupakan tempat pertama kali bendera berkibar di Provinsi Bengkulu.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*