sapi kurban

Idul Adha Butuh Capai 2.590 Hewan Kurban

BENGKULU – Jelang Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji, kebutuhan hewan kurban di Kota Bengkulu tahun ini mencapai 2.590 ekor. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Ir Hauliantua Pohan mengatakan kebutuhan hewan kurban tersebut didatangkan dari beberapa daerah di Provinsi Bengkulu.

“Kebutuhan hewan kurban di Kota Bengkulu pada tahun ini mencapai 2.590 ekor terdiri dari sapi sebanyak 2.200 ekor sapi, kambing 350 ekor dan kerbau 40 ekor. Total kebutuhan tersebut, didapatkan berdasarkan data dari jumlah pemotongan yang ada di setiap kelurahan di Kota Bengkulu,” ujarnya

Pihaknya memastikan jumlah kebutuhan dapat tercapai karena saat ini stoknya sudah ada sekitar 750 ekor sapi, 325 ekor kambing dan 20 ekor kerbau. Sehingga kekurangan kebutuhan tersebut akan di penuhi dari kabupaten tetangga seperti Seluma, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara dan Bengkulu Selatan.

Hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah tersebut nantinya akan dilakukan pemeriksaan pada 8-9 Agustus 2019 mendatang. Pemeriksaan akan dibagi menjadi dua tahapan, meliputi pemeriksaan sebelum pemotongan dan sesudah pemotongan.

“Untuk pemeriksaan sebelum pemotongan hewan nantinya DPP kota akan bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu dan akan berkeliling di Kota Bengkulu. Sementara untuk pemeriksaan sesudah pemotongan juga akan dilakukan untuk memastikan hewan kurban bebas penyakit seperti cacing hati dan lainnya,” jelas Hauliantua.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, drh Majestika MS mengatakan, pemeriksaan hewan kurban sebelum pemotongan dan sesudah pemotongan dilakukan untuk memastikan sapi dari luar daerah tidak berpenyakit dan layak dikonsumsi.

“Tahun lalu ada 6 ribu ekor hewan kurban, kalau sekarang kita belum tahu. Tapi kami akan terus awasi karena dikhawatirkan ada hewan kurban yang terserang penyakit,” demikian Majestika.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*