Paur Humas Polres Rejang Lebong, Ipda. A.Gunawan saat berdiskusi dengan wartawan media cetak dan elektronik, Jum'at, 2 Agustus 2019. (foto.rahman jasin)

Jalin Kemitraan Polres Gelar Diskusi Wartawan

REJANG LEBONG– Untuk meningkatkan jalinan kemitraan dengan insan pers, Humas Polres Rejang Lebong menggelar diskusi dengan wartawan media cetak dan elektronik yang bertugas di Rejang Lebong, Jum’at, (2/8).

Dalam pertemuan akrab dengan insan pers itu, Paur Humas Polres Rejang Lebong, Ipda. A.Gunawan mengingatkan para wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik untuk tetap mempedomani kode etik jurnalistik.

‘’Kita dari kepolisian tetap mengindahkan undang undang No 14 Tahun 2008 tentang keterbukan informasi publik. Sedangkan para wartawan harus tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Sehingga, dalam peliputan dan penulisan berita dapat terhindar dari ranjau hukum,’’ kata Gunawan.

Wartawan lanjut Gunawan merupakan mitra strategis Polres. Karena melalui wartawan, maka, keberhasilan kinerja Polres dan jajaran dapat diekpose secara luas. Baik melalui media cetak maupun media elektronik.

Humas Polres Rejang Lebong berdiskusi dengan wartawan media cetak dan elektroni, Jum’at, 2 Agustus 2019. (foto.rahman jasin)

‘’Melalui pertemuan itu, kita perlu menyatukan persepsi dalam peliputan berita di Polres. Misalnya, dalam pengumpulan data pelaksanaan operasi baik operasi terpusat maupun kewilayahan. Hasil operasi akan tetap disampaikan melalui konfrensi pers. Jika masih dalam pelaksanaan operasi belum bisa dipublikasikan. Soalnya kita khawatir akan mengganggu jalannya operasi karena target operasi bisa kabur,’’ kata Gunawan.

Selain itu, Gunawan juga menjelaskan mekanisme peliputan lain. Khususnya, pengumpulan data terkait tindak pidana yang terjadi. ‘’Untuk kasus Narkoba, kawan-kawan harus paham bahwa data terkait kasus narkoba itu baru bisa diekspose setelah 7 hari dari penyidikan. Karena, kita akan berupaya memburu dan mengembangkan tersangkanya. Kalau langsung ditulis maka tersangka lainnya akan kabur,’’ tuturnya.

Diakui Gunawan, untuk mempermudah penyampaian  informasi kepada wartawan terkait peristiwa pidana yang terjadi dan upaya penyidikan melalui grub WA Polres-wartawan. Sehingga, para wartawan bisa mendapatkan informasi yang akurat. Termasuk, jadwal konfrensi pers yang akan dilaksanakan Polres.

‘’Melalui interaksi positif Polres-wartawan ini maka, informasi terkait penangan tindak pidana maupun tentang peristiwa pidana yang terjadi dapat disampaikan dalam satu persepsi,’’ ujarnya.

Selain menjalin kemitraan dengan para jurnalis, Gunawan juga akan melakukan pendekatan dengan para admin grub facebook di Kota Curup. Sehingga, informasi yang dishare melalui facebook bukan informasi hoax dan tidak bertentangan dengan UU ITE.

‘’Dalam waktu dekat, kita juga akan melaksanakan pertemuan dengan para admin grub facebook di Kota Curup,’’ demikian Gunawan.(rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*