Syukur Syamsudin

Musim Kemarau
BPBD Larang Warga Bakar Sampah di Kawasan Hutan

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melarang perusahaan dan masyarakat untuk membakar sampah di dekat dan di sekitar kawasan hutan. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau atau musim panas.

Ini disampaikan Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Drs Rusdi Bakar, M.Pd melalui Kabid Pra Bencana, Syukur Syamsudin. Ia mengatakan Bengkulu sudah memasuki musim kemarau, sehingga pihaknya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan dan tidak membuang puntung rokok sembarangan khususnya yang berada di areal hutan.

“Kami imbau kepada perusahaan yang mengelola hutan dan juga untuk masyarakat sekitar hutan, untuk tidak membakar sampah sembarangan,” tegas Syukur.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pihaknya telah melakukan sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut dilakukan untuk mencegah bencana kebakaran terjadi di Bengkulu.

“BPBD rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dan dalam waktu sebulan terakhir kami telah bekerjasama kepada mahasiswa KKN UNIB untuk mensosialisasikan kewaspadaan penjagaan hutan di Bengkulu,” ujar Syukur.

Selain itu, Ia juga mengimbau agar masyarakat menghemat air saat musim kemarau. Hal ini dilakukan mengingat persediaan air saat musim kemarau akan sangat sedikit. Sementara kebutuhan air selalu mengalami peningkatan.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*