Khairul Anwar

DPRD Prov Bentuk Panlih Wagub

BENGKULU – Usai menerima dua nama calon wakil gubernur (Cawagub) dari Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.MA, yakni Muslihan DS (Hanura) dan Dedi Hermansyah (NasDem), Selasa siang (30/7) DPRD Provinsi Bengkulu menetapkan 17 orang panitia pemilihan (Panlih) wagub sisa masa jabatan 2016-2021.

Panlih Wagub ini terdiri dari perwakilan seluruh fraksi di DPRD Provinsi Bengkulu yang dipimpin Khairul Anwar dari Fraksi PDI Perjuangan sebagai ketua merangkap anggota. Sedangkan Jonaidi dari Fraksi Gerindra sebagai wakil ketua merangkap anggota.

Sedangkan 15 anggota Panlih lainnya yakni Helmi Paman dan Agung Gatam dari Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Suseno dan Muharamin dari Fraksi Demokrat, Irwan Eriadi dari Fraksi Gerindra, Mulyadi Usman dan Raharjo Sudiro dari Fraksi Golkar.

Selanjutnya, Parial dan Inzani Muhamad dari Fraksi PAN, Tantawi Dali dan Darman dari Fraksi Nasdem, Johari Salim dan Seption Muhadi dari fraksi Kebangkitan Nurani, Maras Usman dan Sefty Yuslinah dari Fraksi Keadilan dan Pembangunan.

Selaku Ketua Panlih, Khairul Anwar mengatakan akan segera bekerja menetapkan jadwal kerja rangkaian pemilihan Wagub di DPRD Provinsi Bengkulu. Dikatakannya bahwa rangkaian pemilihan wagub tersebut meliputi verifikasi persyaratan Cawagub, penetapan Cawagub, pemaparan visi dan misi dan pemilihan wakil gubernur. Selain itu Panlih juga akan menetapkan tata tertib dan mekanisme pemilihan wakil gubernur.

“Nanti setiap calon akan kita undang untuk mereka menyiapkan persyaratan. Kita akan buat skedul dulu. Nanti skedul itu kita serahkan ke pimpinan dewan untuk dimasukkan dalam agenda Banmus,” kata Khairul.

Namun sebelumnya, panlih juga merencanakan agenda kunjungan kerja (kunker) ke provinsi tetangga yang telah melakukan pemilihan wagub seperti Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Jambi. Selain itu Panlih juga akan mengagendakan koordinasi bersama Kementerian Dalam Negeri.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*