Pimpinan media siber Kepahiang siap membentuk SMSI Kepahiang. Tampak papra pimpinan media siber foto bersama pengurus SMSI Bengkulu.

SMSI Kepahiang Segera Dikukuhkan

BENGKULU – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Kepahiang segera dikukuhkan oleh pengurus SMSI Provinsi Bengkulu. Selain pengurus SMSI Kepahiang, beberapa kabupaten lain di Provinsi Bengkulu juga akan segera dibentuk dan dikukuhkan kepengurusannya. “Dalam waktu dekat, segera dibentuk dan dikukuhkan pengurus SMSI di kabupaten, sementara ini yang sudah terbentuk pengurus adalah di Kabupaten Kepahiang, dan segera menyusul kabupaten yang lain,” kata Dr Rahimandani, Ketua SMSI Provinsi Bengkulu, Minggu (28/7/2019).

Pembentukan pengurus SMSI dibeberapa kabupaten itu, menurut Rahimandani sebagai upaya untuk memberikan wadah bagi pers online di kabupaten guna melakukan pembinaan dan peningkatkan peran media dalam mendukung pembangunan di daerah.

“SMSI memiliki tanggung jawab bagaimana pers online berperan dalam mendukung pembangunan, seperti diketahui bersama, saat ini era online sudah menjadi tren informasi, di pedesaan, masyarakat juga sudah terbiasa dengan informasi yang disajikan oleh media online, nah media online semakin hari yang semakin bertambah ini harus diwadahi agar mematuhi regulasi pers, SMSI sejak awal berdiri konsisten meningkatkan kehidupan pers yang sehat sesuai dengan regulasi UU Pers nomor 40 tahun 1999 dan peraturan Dewan Pers, ini dilakukan agar informasi yang disajikan media online mematuhi kode etik dan tidak sekedar menjadi media iklan saja,” jelas Rahimandani.

Diakui Rahimandani, tumbuh kembangnya media online belum dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia pers, untuk itu, SMSI berupaya membangun sumber daya manusia pers yang kompeten.

“Upaya peningkatakan sumber daya manusia pers itu mulai dilakukan oleh SMSI sejak dibentuk di Bengkulu, salah satunya melakukan kerjasama dengan PWI untuk melakukan uji kompetensi wartawan (UKW) beberapa kali, berbagai pelatihan dan kegiatan lainnya. Ini upaya mendukung pers yang sehat sesuai dengan program Dewan Pers,” terang Rahimandani.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi SMSI Bengkulu Musdamori mengatakan, SMSI merupakan organisasi yang menjadi wadah bagi pemilik atau pengelola media online. Dengan diwadahinya pemilik media online dalam SMSI, diharapkan akan menjadi sinergi untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pers online, baik dari sisi pemberitaan maupun sisi ekonomi.

“Kehadiran perusahaan media di Bengkulu ini juga bentuk meningkatkan ekonomi di daerah, sebab selain menyerap tenaga kerja, media juga merupakan industri pers yang beriorientasi ekonomi,” kata Musdamori.

Sementara untuk pengurus SMSI Kabupaten Kepahiang, beberapa pimpinan media online di Kepahiang telah menyusun komposisi pengurus. “Sudah kita susun komposisi pengurus dan kita serahkan kepada SMSI Provinsi,” kata Ujang Efendi S.Sos, calon pengurus SMSI Kabupaten Kepahiang usai menyerahkan berkas komposisi pengurus SMSI Kabupaten Kepahiang di kantor SMSI Provinsi Bengkulu, Jalan Mayjen Sutoyo Kelurahan Tanah Patah Kota Bengkulu, Sabtu (27/7).

Ujang menambahkan, dengan dibentuknya pengurus SMSI di Kabupaten Kepahiang akan menjadi wadah media online dan wartawan online di Kepahiang untuk meningkatkan sumber daya manusia pers yang sehat, sekaligus menjadi wadah mendukung pembangunan  di Kepahiang melalui sajian informasi online.

“Insya Allah bulan Agustus ini kita siap untuk pelantikan dan pengukuhan,” kata Ujang didampingi beberapa pimpinan media online dari Kepahiang.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*