Kasat Reskrim, AKP, Andi Kadesma tengah memberikan keterangan pers terkait penangkapan 3 pelaku penipuan, penggelapan dan pencurian dengan kekerasan, Jum'at (25/7)

Polres Ringkus 3 Tsk Tipu dan Curas

REJANG LEBONG– Tim Reskrim Polres Rejang Lebong berhasil meringkus 3 tersangka (tsk) pencurian dengan kekerasan (Curas),penipuan dan penggelapan.  Ketiga tsk itu adalah,  RF (19), warga Jl DR.AK.Gani Kelurahan Jalan Baru Curup yang melakukan penipuan, penggelapan dan Curas. Serta, MT (21) warga Desa Seguring, Curup Utara dan MI (20) warga Jl Pramuka, Curup Tengah.

‘’Kini, ketiga tersangka bersama barang buktinya berupa,1 sepeda motor Yamaha Mio Sporty, 1 Honda Scoopy dan Suzuki Shogun sudah ditahan di Polres untuk menjalani pemeriksaan,’’ jelas Kapolres Rejang Lebong, AKBP. Jeki Rahmat Mustika, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP. Andi Kadesma, SH, SIK dalam konfrensi pers, Jum’at, (25/7).

Dijelas, aksi penipuan dan penggelapan dilakukan  RF dan MI sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa, (22/7) di Jl Iskandar Ong. Sebelumnya, RF dan MI menghampiri korban dan meminta korban mengantar RF menggadaikan helm karena bensin motornya habis. Kemudian, korban memenuhi permintaan tersangka.

Tiga tsk penipuan, penggelapan dan Curas yang berhasil diringkus tim Reskrim Polres Rejang Lebong.

Tiba di depan warung di Jl Iskandar Ong, korban diminta turun dari motor untuk menggadaikan helm. Saat itulah, tersangka RF langsung melarikan sepeda motor korban. Sedangkan MI mengiring dari belakang.

Sebelumnya sekitar pukul 19.15 WIB, Sabtu, (20/7),  tersangka RF dan MT melakukan perbuatan serupa. Modusnya, RF dan MT menghampiri korban Arif.

‘’Tersangka RF menuduh korban telah mengambil sepeda motor adik pelaku. Lalu, pelaku mengajak korban Kelurahan Air Rambai. Karena korban merasa tidak melakukan perbuatan yang dituduhkan, maka, korban bersedia diajak ke Air Rambai. Korban memboncengn RF. Setibanya di Air Rambai, RF meminta korban terus berjalan lurus. Tiba di Jl Gajah Mada, RF meminta korban untuk duduk di belakang. Dan RF yang mengemudikan motor. Maksudnya untuk memudahkan menuju rumah adik pelaku. Motor terus bergerak ke arah Desa Air Meles Bawah.  Lalu korban dimintar turun dan sepeda motor. Korban menolak. Tapi, RF langsung menyikut tubuh korban hingga terjatuh dari motor. Selanjutnya, RF melarikan motor korban,’’ tutur Kasat.

Dikatakan,  tersangka RF mengaku telah 5 kali melakukan perbuatan serupa di 5 TKP. 4 kali dilakukan bersama MT dan 1 kali dengan MI. Ke-5 TKP itu terdiri dari, Lapangan Setia Negara Curup, Desa Air Meles Bawah, depan Kantor Dinas PU Jl Setia Negara, dan Jl Iskandar Ong.

‘’Sepeda motor hasil kejahatan yang dilakukan para pelaku itu langsung dijual ke RO dan AN di Desa Kepala Curup, Binduriang. Dari rumah Ro dan AN kita menemukan 3 sepeda motor yang dijual para tersangka. Ketika disergap  RO dan AN tidak berada ditempat. Jadi masih kita terus buru. Para tersangka dijerat pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP. Serta pasal 365 ayat (1) dan ayat (2) ke-1 dan ke-2 KUHP,’’ demikian Kasat.(rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*