KATA SAMBUTAN : Asisten III Setdaprov menyampaikan kata sambutan di acara Sertijab Kepala Lembaga Penyiaran Pubik (LPP) RRI Bengkulu.

RRI Diminta Optimalkan Sinergi Bangun Bengkulu

BENGKULU – Asisten III Setda Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto atas nama Pemerintah Provinsi Bengkulu mengharapkan optimalisasi sinergi dari RRI dalam membangun daerah ini. Bahkan Pemprov sudah merasa terbantu dengan kerjasama selama ini, terutama dalam mensosialisasikan serta menginformasikan program pembangunan kepada masyarakat Bengkulu.

“Kedepan semoga kerjasama dan sinergi tersebut, agar dapat lebih ditingkatkan lagi. Kita juga minta bantuan dari RRI sebagai mitra kerja Pemprov Bengkulu, untuk membantu masyarakat di Pulau Enggano dalam hal sinyal handpone maupun radio,” kata Gotri.

Mengingat dengan keterbatasan jangkauan sinyal, masyarakat Bengkulu yang berada di wilayah terluar itu sangat sulit mendapatkan informasi terbaru, baik program pembangunan maupun soal kebencanaan.

“Sejalan dengan program yang telah dijalankan RRI, masyarakat Enggano kedepan lebih baik lagi dalam mendapatkan informasi, termasuk pemasangan alarm akan terjadinya bencana tsunami,” ujar Gotri.

Direktur Teknologi dan Media Baru LPP RRI Rahardian Gingging menjelaskan, dengan siaran RRI sudah menjangkau dunia ini melalui aplikasi RRI Play Go yang bisa didownload di Play Store, bisa didengarkan dimana dan kapan saja.

Untuk kecendrungan pendengar RRI memang mengalami penurunan, tapi dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan handpone android sekarang ini, RRI tidak ketinggalan zaman. Dimana RRI sudah membuat aplikasi dengan mendownload RRI Play Go di Play Store, karena didalam itu semua tentang RRI lengkap, diantaranya RRI online dan juga berbentuk video sesuai dengan slogan lihat apa yang didengar, telah ada.

“Dengan mengikuti zaman, hasil riset yang dilakukan RRI dengan mengandeng AC Nielsen membuktikan pendengar Radio di 11 kota besar di seluruh Indonesia, diantaranya Medan, Palembang, Jakarta, Bandung dan Surabaya, ada sebanyak 75 juta dan 45 juta orang merupakan pendengar RRI, yang terdiri dari 100 stasiun plus 198 stasiun riley. Artinya RRI untuk klaster Radio teristerial di negeri ini, masih berada di urutan tertinggi,” terangnya.

Di era perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat LPP RRI, sedang berupaya membuat suatu sistem teknologi baru, berupa peringatan diri akan terjadinya bencana tsunami yang terpasang di jaringan radio.

“Pembuatan sistem teknologi peringatan dini akan terjadinya bencana tsunami yang terpasang di jaringan radio, nantinya tanpa komando seluruh radio yang sedang on air maupun off air, termasuk yang ada di kendaraan mobil, ketika akan terjadinya bencana tsunami akan mengeluarkan bunyi peringatan dini,” ungkap Direktur Teknologi dan Media Baru LPP RRI Rahardian Gingging

Rencana pembuatan teknologi baru tersebut, untuk tahap pertama akan dilaksanakan di 5 Kota di Indonesia, tepatnya di Sumatera akan ada di wilayah Painan, di Jawa ada di Tanjung Lesung, Pelabuhan Ratu, Cilacap dan Labuhan Banyu.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*