Sekdaprov, Nopian Andusti

Kata Sekdaprov
”Efektifkan Peran Satgas Saber Pungli”

BENGKULU – Sekdaprov Bengkulu,  Nopian Andusti, SE, MT berharap peran Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) ke depan lebih ditingkatkan dan diefektifkan lagi.

“Kita berharap Satgas Saber Pungli ini berperan lebih baik lagi kedepan, lebih efektif lagi dalam rangka kita untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah dan lebih memuaskan kepada masyarakat,” jelas Nopian.

Nopian juga meminta agar Tim Satgas Saber Pungli dapat mendorong dan mendukung terciptanya pelayan publik yang lebih baik lagi khususnya di Provinsi Bengkulu. Nopian pun menambahkan, target dari Saber Pungli bukanlah OTT, tetapi hal terpenting adalah bagaimana dengan keberadaan Tim Satgas Saber Pungli dapat mencegah jangan lagi ada Pungli.

“OTT itu belum tentu menyelesaikan masalah, tapi dengan melalui Satgas Saber Pungli ini diharapkan dapat memberikan pencerahan, dapat memberikan bentuk pecegahan terhadap upaya–upaya pungutan–pungutan liar,” ungkap Nopian.

Nopian juga mengingatkan masyarakat untuk tidak memberikan uang pelicin (Pungli) kepada petugas agar dimudahkan atau mengambil jalur pintas agar lebih cepat dalam mengurus sessuatu pada pelayanan publik, masyarakat harus sadar dan tegas untuk tidak memberikan apa-apa kepada petugas.

“Yang minta pelayanan pun kadang-kadang lebih berinisiatif untuk memberikan hal-hal yang tidak seharusnya diberikan, artinya antara yang melayani dan dilayani harus sadar bahwa ini bukanlah suatu hal yang benar,” tegas Nopian.

Nopian mengimbau kepada unit-unit pelayanan Publik Dinas, serta Instansi OPD yang ada di lingkungan Provinsi Bengkulu maupun Kabupaten/Kota agar melayani sesuai SOP serta standar pelayanan, bukan cepat-lambat pelayanan tergantung dengan pungutan–pungutan yang diberikan.

“Kita semua adalah pelayan masyarakat, bukan masyarakat melayani kita, yang menggaji kita adalah masyarakat dan rakyat maka berikanlah pelayanan terbaik kepada mereka dan hindari semua bentuk pungutan – pungutan liar yang tidak resmi,” demikian Nopian.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*