Plt. Kadis PUPR Kepahiang, Rudi Sihaloho, ST.

Dinas PUPR Siap Normalisasi Siring Pasar Kepahiang

KEPAHIANG– Plt. Kadis PUPR Kepahiang, Rudi Sihaloho, ST berjanji segera melakukan tanggap darurat siring Pasar Kepahiang.  Soalnya, saat ini siring pasar itu sudah mampet dan tidak berfungsi optimal. Sehingga, masyarakat nekat menanam pohon pisang dan melepas ikan di genangan air siring.

‘’Kita akan memasukan program tanggap darurat siring Pasar Kepahiang itu dalam APBD-P 2019,’’ jelas Rudi didampingi Kabid Bina Marga, Bambang Siswan, ST, (9/7).

Dikatakan, tanggap darurat yang akan dilaksanakan berupa perbaikan dan normalisasi siring atau drainase. Sehingga, air limbah dan air hujan dalam mengalir lancar tanpa menggenang di badan jalan.

Untuk mengantisipasi meluapnya air siring ketika hujan turun, Rudi mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam siring.

‘’Buang lah sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Sehingga, siring tidak mampet dan airnya meluap menggenangi badan jalan,’’paparnya.

Sementara Sekretaris LSM GRBK RI Kabupaten Kepahiang, Efrizal menilai, mampetnya siring di Pasar Kepahiang, karena beberapa faktor. Diantaranya, adanya pengecilan badan siring akibat pelebaran jalan. Sertanya, banyaknya sedimen lumpur di dalam siring.

‘’Untuk itu perlu dilakukan normalisasi siring dengan membuang lumpur dan sampah yang menyumbat hingga air meluap dan menggenang,’’ tutur Efrizal. (rjs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*