Napi perempuan ikuti pelatihan keterampilan yang digelar Lapas Bengkulu.

Napi Perempuan Ikuti Pelatihan Menjahit dan Salon

BENGKULU – Narapidana perempuan yang sedang menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Kota Bengkulu Sabtu (6/7) diberikan pelatihan keterampilan usaha sebagai bekal mereka setelah bebas nanti. Mereka mulai dilatih menjahit pakaian dan salon kecantikan.

Menurut Ketua LPK Asiah, Wehelmi Ade Tarigan, perempuan yang menjalani hukuman di penjara tetap harus mendapat perhatian, terlepas dari apapun tindak pidana yang pernah mereka lakukan.

“Kita akan menjadikan Lapas Perempuan Bengkulu ini seperti Lapas Sukamiskin. Saya akan bekerja keras bersama Kalapas Bu Desi agar Lapas Perempuan Bengkulu ini menjadi percontohan. Lapas bukan hanya tempat menghukum orang tetapi menjadikan SDMnya berkualitas”, ujar Wehelmi.

Dikatakannya bahwa penghuni Lapas Perempuan akan mendapat berbagai pelatihan yang diharapkan setelah keluar dari Lapas mereka bisa mandiri membuka usaha sendiri. Sedangkan untuk tahap awal ini, para narapidana perempuan akan diajari menjahit, dan teknik creambath terlebih dahulu.

Salah satu napi, Susan mengaku senang mendapat pelatihan keterampilan. “Yang jelas kami senang ada kegiatan, dan juga bersemangat untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. Pelatihan salon saya suka karena ada bakat di sana”, tutur Susan.

Pantauan potretbengkulu.com, memang para napi perempuan tampak sangat antusias melihat langsung cara mengcreambath yang diperagakan oleh instruktur.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penanaman bibit jeruk kalamansi, yang diharap dapat dimanfaatkan bahkan dikelola oleh penghuni lapas. Dukungan penuh yang diberikan LPK Asiah ini pun disambut baik Kalapas Perempuan Bengkulu, Desi Andriyani yang berharap seluruh warga binaannya mendapat pelatihan keterampilan.

“Tidak hanya sekadar pelatihan, secara berkesinambungan kita akan mengembangkan Lapas kita ini menjadi Lapas industri”, ujar Desi sembari mengatakan bahwa saat ini ada 111 warga binaan di Lapas Perempuan.(P-08)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*