Rumah adat Bengkulu bubungan lima

2020 Pemprov Bangun Rumah Adat Bengkulu

BENGKULU -Pemeritah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengapresiasi terkait pembangunan rumah adat Bengkulu yang diusulkan Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu. Setelah koordinasi lebih lanjut dengan Gubernur Bengkulu dan jajaran teknis terkait, rumah adat Bengkulu ini akan dibangun tahun 2020. Ini disampaikan Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, Jumat (5/7).

“Terkait usulan pembangunan rumah adat Bengkulu, dengan Pak Gubernur sudah ada  oret-oretnya. Jadi kira-kira intinya 2020 rumah adat Bengkulu akan dibangun karena masuk dalam program pembangunan Pemprov Bengkulu,” kata Hamka.

Lanjut Hamka Sabri, realisasi pembangunan rumah adat ini kewenangannya tidak hanya berada di bawah Pemprov Bengkulu. Hal ini juga tergantung adanya persetujuan dari pihak legislatif/ DPRD Provinsi Bengkulu sebagai pihak yang menyetujui dan mengesahkan anggaran.

“Jadi Bappeda Provinsi siapkan perencanaan, ketuk palunya nanti ada di dewan,” ujar Hamka.

Terpisah, Ketua BMA Provinsi Bengkulu, S Effendi mengatakan, atas usulan pembangunan rumah adat Bengkulu ini, memang pihaknya telah menyampaikan Proposal kepada Pemprov Bengkulu sejak beberapa bulan lalu.

Menurut dia, rumah adat jelas menjadi icon dan kebanggaan sendiri bagi masyarakat di setiap daerah. Sehingga dengan telah dibangunnya rumah adat tersebut berbagai pelaksanaan kegiatan adat bisa lebih difokuskan. Selain itu juga bisa menjadi destinasi wisata baru bagi wisatawan khususnya masyarakat Bumi Rafflesia.

“Alhamdulillah usulan pembangunan rumah adat telah direspon baik oleh Pak Gubernur. Kita sama-sama berharap rumah adat ini nanti menjadi kebanggaan baru masyarakat dan juga menjadi salah satu daya tarik wisata bagi Wonderful Bengkulu 2020,” ungkap Effendi.(P-08)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*