Kasim (64), petani tomat Kelurahan Talang Rimbo Lama, Curup.(foto.rahman jasin).

Harga Tomat Merangkak Naik

REJANG LEBONG– Dalam 1 bulan terakhir, harga tomat ditingkat petani Rejang Lebong merangkak naik. Yakni dari Rp 2.000/kg menjadi Rp 5.000/kg.

‘’Alhamdullillah saat ini harga tomat sedang bagus. Sebelumnya harga tomat hanya Rp 2.000 per kg. Tapi, sejak awal bulan ini harganya naik jadi Rp 5.000 per kg. Namun, kebun tomat kita sudah hampir selesai panennya,’’ jelas Kasim (64), petani di Kelurahan Talang Rimbo Lama, Curup saat ditemui potretbengkulu.com, Kamis, (27/6).

Dikatakan, luas kebun tomat Kasim yang digarap bersama anaknya Suryono itu mencapai 0,5 hektare dan ditanami  2.000 batang tomat. Penanaman tomat dilakukan sejak Maret 2019. Tiga bulan kemudian tomat berbuah dan dipanen setiap minggu.

‘’Sampai hari ini, kita sudah 6 kali panen. Sekali panen menghasilan 1 ton tomat segar. Tomat yang kita tanam jenis servo,’’ ujarnya.

Dikatakan, ketika tanaman tomat tak lagi berbuah, maka, batang tomat akan dicabut. Sedangkan di sisi kiri dan kanan batang tomat sudah ditanami cabai merah. Kacang tanah ditanam diantara galengan tomat.

‘’Sebelumnya, kita menanam sawi. Tapi gagal panen karena diserang ulak. Untung saja, tomat kita berbuah lebat dan harga jualnyapun bagus. Sehingga, kita tidak terlalu merugi,’’ papar Kasim.(rjs)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*