Usai upacara HUT Kota Curup ke-139, Sabtu, 15 Juni 2019, Bupati foto bersama pejabat. (foto.rahman jasin)

Bupati Pimpin Upacara HUT Kota Curup 2019

REJANG LEBONG– Bupati Rejang Lebong, HA.Hijazi memimpin upacara HUT Kota Curup ke-139 yang digelar di halaman Pemkab Rejang Lebong, Sabtu, (15/6).

Upacara dihari Dandim 0409 RL, Letkol.Kav. Budi Wirman, Kapolres RL, AKBP. Jeki Rahmat Mustika, SIK, Kajari RL. Edi Hutama, SH, MH. Ketua DPRD RL, M.Ali. ST. Serta kepala daerah tetangga. Diantaranya, Wabup Kepahiang, Neti Herawati, S.Sos. Para pejabat dinas instansi jajaran Pemkab Rejang Lebong.

Bupati Rejang Lebong, HA Hijazi pimpin upacara HUT Kota Curup ke 139, Sabtu, 15 Juni 2019. (foto. rahman jasin)

Dandim, Kapolres, Kajari dan Ketua DPRD Rejang Lebong hadiri HUT Kota Curup ke-139, Sabtu, 15 Juni 20019. (foto.rahman jasin)

Dihadapan para  undangan dan peserta upacara, Bupati menjelaskan bahwa peringatan HUT Kota Curup ke-139 ini diwarnai dengan beragam kegiatan yang dikemas dalam ‘’Pekan Seni Budaya’’ yang digelar di Lapangan Dwi Tunggal Curup, 16 – 23 Juni 2019.

Paskibraka kibarkan sang merah putih dalam upacara HUT Kota Curup ke 139, Sabtu, 15 Juni 2019. (foto.rahman jasin)

Sekda Rejang Lebong, RA Deni hadiri upacara HUT Kota Curup ke-139, Sabtu, 15 Juni 2019. (foto.rahman jasin)

‘’Pekab Budaya ini menampilan beragam kegiatan seni budaya. Mulai dari prosesi kedurei sudut, karnaval dan pawai adat, punjung agung serta pentas kesenian dari seluruh kecamatan. Serta beragam lomba. Mulai dari lomba merangkai bunga, lomba tari kejei, lomba lagu daerah, balita sehat, festival band, kuda kepang, lomba busana adat, lomba kesenian minang, lomba tari kreasi dan lagu daerah. Juga pergelaran wayang golek dan pentas seni nusantara. Termasuk pameran,’’ kata Bupati.

Bupati Rejang Lebong, HA Hijazi didampingi Wabup, Iqbal Bastari dan Kapolres RL  saat memberikan keterangan pers usai upacara HUT Kota Curup ke-139, Sabtu, 15 Juni 2019. (foto.rahman jasin)

Pekan Budaya HUT Kota Curup 2019, merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menggali dan mengembangkan budaya daerah. Sehingga budaya daerah Rejang Lebong dapat memperkaya khasanah budaya nusantara. Sekaligus mendukung program promosi wisata alam, wisata budaya dan wisata sejarah daerah.

Para pejabat dinas instansi jajaran Pemkab Rejang Lebong. (foto.rahman jasin)

‘’Dalam peringatan HUT Kota Curup ke-139 ini kita mendapat kado istimewa yang sejak berpuluh-puluh tahun tidak pernah diraih  Rejang Lebong. Yakni, kita mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK-RI atas pengelolaan keuangan daerah. Prestasi ini diraih semata mata bukan karena kinerja bupati. Tadi tidak terlepas dari dukungan seluruh pejabat dan aparatur jajaran Pemkab Rejang Lebong dan DPRD Rejang Lebong. Mudah-mudahan opini WTP ini dapat terus meningkatkan kinerja OPD dalam mendukung percepatan pembangunan daerah,’’ jelas Bupati.

Ibu ibu hadiri upacara HUT Kota Curup ke-139, Sabtu, (15/6). (foto.rahman jasin)

Usai upacara Bupati juga menyampaikan akan membangun museum budaya yang dapat menampung beraga koleksi benda purbakala dan benda benda bersejarah daerah.Termasuk benda benda budaya lainnya.

‘’Tahun 2020 nanti kita akan bangun museum daerah. Sehingga seluruh benda-benda peninggalan sejarah dapat ditampilkan di museum,’’ demikian Bupati. (rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*