Peserta Upacara Hardiknas 2019 di halaman Pemkab Kepahiang, Kamis, (2/5). (foto julian siregar)

Bupati Pimpin Upacara Hardiknas 2019

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang, Dr. Ir.Hidayatullah Sjahid, MM,IPU memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019. Upacara digelar di Lapangan Pemda Kepahiang, Kamis (2/5).

Upacara dihadiri Forkopimda Kabupaten Kepahiang, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kepahiang. Dalam peringatan Hardiknas 2019 dengan tema “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan” ini, Bupati  membacakan sambutan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Bupati menyampaikan sambutan tertulis Mendikbud, (foto Julian Siregar)

Pada sambutannya Mendikbud menyampaikan perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi cari berpikir dan belajar para peserta didik. “Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” sampai Bupati membacakan pidato Mendikbud.

Bupati menyerahkan hadiah juara I lomba karya tulis ilmiah tingkat Kabupaten Kepahiang 2019. (foto julian siregar)

Mendikbud menekankan pentingnya pendidikan, dan pemerintah pusat maupun daerah harus senantiasa berupaya memajukan pendidikan. Salah satu caranya yakni dengan memastikan keberadaan APBN dan APBD dialokasikan secara khusus minimal 20 persen untuk sektor pendidikan. “Pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas, akan berjalan secara optimal manakala pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan,” tambah Bupati

Ketua TP PKK Kepahiang, Ny Evie Hidayat ikut hadir.(foto julian siregar)

Terakhir Mendikbud mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. “Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta,” tutur Bupati menutup pidato Mendikbud.

Setelah melaksanakan upacara, Bupati beserta Forkopimda Kepahiang melakukan pembagian hadiah kepada juara lomba karya tlis ilmiah dan pembagian piagam penghargaan untuk sekolah pemenang adiwiyata tahun 2019. (rls)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*