Kondisi rumah Arsalik warga Dusun I Desa Air Hitam yang direndam banjir, Jum'at, (26/4) malam.

Diguyur Hujan
Ratusan Rumah Warga Tanjung Alam dan Air Hitam Terendam Banjir

KEPAHIANG– Diguyur hujan lebat, 3 sungai yang melintasi Desa Air Hitam dan Tajung Alam, Ujan Mas, meluap. Akibat luapan air Sungai Musi, Sungai Air Gegasan dan Sungai Air Lanang, ratusan rumah di 2 desa itu terendam banjir sejak pukul 18.00 WIB, Jum’at (26/4).

Hingga pukul 23.19 WIB, ketinggian air yang  merendam rumah-rumah warga Desa Air Hitam dan Tanjung Alam sudah mencapai 1 meter. Dan hujan sudah mulai mereda. Namun, banjir belum juga menyusut.

‘’Air yang merendam rumah saya sudah sepinggang. Rumah warga Tanjung Alam dan Air Hitam seluruhnya terendam banjir. Kini, air terus meninggi. Barang barang di dalam rumah mengapung,’’ kata anggota DPRD Kepahiang, Armin Jaya kepada potretbengkulu.com. Rumah Armin juga direndam banjir setinggi 1 meter.

Selain merendam rumah-rumah warga, banjir 3 sungai yang melintasi di Desa Tanjung Alam dan Air Hitam itu juga merendam lahan persawahan warga. Termasuk sarana jalan dan jembatan. Sehingga, arus transportasi dari dan ke desa itu putus total.

Bahkan, badan jembatan Air Lanang yang merupakan akses utama menuju Desa Tanjung Alam kondisinya sudah tenggelam. Sehingga kedua desa menjadi terisolasi.

Dikatakan, warga yang rumahnya direndam banjir sebagian besar mengungsi ke rumah tetangga yang berkonstruksi  panggung. Bahkan tidak sedikit warga yang mengungsi ke pondok-pondok kebun yang lokasinya lebih tinggi.

Tim BPBD bersama tim Polres Kepahiang dan Polsek Ujan Mas, sudah mulai bergerak menuju lokasi bencana untuk membantu warga yang menjadi korban banjir. Namun, tim BPBD bersama Polres dan Polsek terhalang masuk lokasi. Karena jembatan Sungai Musi di Desa Cugung Lanang juga direndam banjir.

‘’Kita belum bisa masuk ke Desa Tanjung Alam dan Air Hitam sebab, akses jalan dan jembatan masih direndam banjir,’’ kata Kapolsek Ujan Mas, Iptu. Aswani Kuncoro. (rjs)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*