Kasi PMD, Hendra NoAviandi, S.Sos

Rp 128 Miliar Dana DD/ADD 2019 Segera Cair

KEPAHIANG – Dana desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) 2019 segera dikucurkan ke 105 desa di 8 kecamatan di Kepahiang.

‘’Perbup No 2 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa sudah turun. Kini, kita masih menunggu pengajuan APBDes dari desa-desa. Sebab, sampai saat ini belum ada desa yang menyampaikan APBDes 2019,’’ jelas Kadis Sosial dan PMD Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos melalui Kasi PMD, Hendra Noviandi, S.Sos kepada potretbengkulu.com.

Dikatakan, pola pencairan DD/ADD 2019 lebih mudah. ‘’Berapapun ABDes yang masuk dan telah memenuhi syarat dapat langsung diproses pencairan dananya. Jadi, tidak dilakukan pencairan kolektif. Jadi, desa mana yang duluan mengajukan APBDes maka dana DD/ADD desa itu dapat segera dicairkan,’’ tutur Hendra seraya menyebutkan total dana DD/ADD 2019 mengalami kenaikan sekitar 14 persen.

Kades Meranti Jaya, Ujan Mas, Jalaludin yang juga menjabat Ketua Forum Kades Kecamatan Ujan Mas, Kepahiang.

Menurut Hendra, total dana DD/ADD Kepahiang tahun 2019 mencapai Rp.128 miliar. Rinciannya, dana DD senilai Rp 85 miliar dan ADD Rp 43 miliar.

Sedangkan Kades Meranti Jaya, Ujan Mas, Jalaludin mengaku siap menyampaikan APBDes 2019 secepatnya.

‘’Dalam beberapa hari kedepan, APBDes Meranti Jaya sudah akan kita sampaikan ke Dinas Sosial dan PMD. Sehingga, kita bisa duluan mencairkan dana DD/ADD 2019,’’ kata Jalaludin.

Diakui Jalaludin, total dana DD/ADD Meranti Jaya tahun 2019 mencapai Rp.1.243.303.000.

‘’Dana DD/ADD itu akan kita gunakan untuk membangun drainase lingkungan, jalan rabat beton dan gapura desa. Serta untuk kegiatan non fisik dan pengembangan usaha ekonomi produktif,’’ demikian Jalaludin. (rjs)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*