Anggota DPRD Kepahiang, Hariyanto memberikan bantuan uang tunai Rp 1,8 juta kepada penderita penyakit kulit akut, Nurhaida, Kamis, 28 Februari 2019. (foto.rahman jasin)

Penderita Infeksi Kulit
Hariyanto Kembali Santuni Nurhaidah

KEPAHIANG– Anggota DPRD Kepahiang, Hariyanto kembali menyantuni Nurhaidah (53), warga RT 14 RW 03 Kelurahan Padang Lekat, Kepahiang yang menderita infeksi kulit akut. Santunan uang tunai Rp 1,8 juta itu diserahkan saat menjenguk Nurhaidah di RSUD Kepahiang, pukul 12.00 WIB, Kamis, (28/2).

‘’Uang Rp 1,8 juta ini merupakan bantuan saya bersama beberapa teman. Semoga uang ini dapat meringankan beban Bu Nurhaidah,’’ kata Hariyanto.

Sebelumnya, Ketua PKS Kepahiang, Armin Jaya juga memberikan santunan kepada Nurhaidah.

Saat dikunjungi Hariyanto, Nurhaidah masih terbaring didampingi suaminya, Mukminin. Serta beberapa adik dan anaknya. Sekujur kulit tubuhnya dipenuhi luka berbentuk lingkaran berdiameter 1-2 CM. Sehingga, badan ibu 4 anak ini hanya ditutup kain.

Karena sekujur badan dipenuhi luka, Nurhaidah yang sebelumnya berjualan lotek dan pempek panggang itu tidak bisa menggerakan badan lagi. Bahkan, mata kanan  Nurhaidah juga ada lukanya.

‘’Awalnya, istri saya ini merasakan gatal-gatal di kulit. Lalu, muncul bulatan merah di bagian punggung. Bulatan merah itu berubah menjadi seperti panu yang muncul disekujur badan. Karena gatal bulatan itu digaruk hingga kulitnya terkelupas. Luka bekas garukan itu berubah menjadi tukak atau koreng,’’ ujar Mukminin.

Untuk menyembuhkan infeksi di kulit Nurhaidah, suaminya telah membawa Nurhaidah berobat keliling. Tak hanya di dokter dan RSUD Kepahiang. Tapi, Nurhaidah juga dibawa dan dirawat inap di RSUD dr M Yunus dan Klinik Tiara Sella Bengkulu. Termasuk ke dukun.

‘’Kami bersyukur karena istri saya telah dibawa Dinas Kesehatan ke RSUD. Sehingga dapat diobati,’’ kata Mukminin.

Selain menderita infeksi kulit akut, Nurhaidah juga memiliki penyakit lain. Yakni, gejala diabetes atau kencing manis. Sehingga luka luka di badan tidak cepat sembuh. Bahkan, jari jempol kaki kanannya terpaksa diamputasi. Karena lukanya sudah sangat parah. (rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*